Search This Blog

Friday 10 February 2017

5 cara mengatasi gangguan tidur tanpa menggunakan obat


Tidur merupakan kebutuhan penting bagi setiap mahkluk hidup tanpa tanpa terkecuali baik bagi binatang maupun bagi manusia. pada dasarny manusia membutuhkan waktu istrahat atau tidur minimal 6-8 jam.
Menurut university of maryland medical center orang dewasa membutuhkan setidaknya 8 jam waktu tidur pada malam hari, pada hal kurang tidur dapat menyebabkan kantuk sepanjang hari, perubahan suasana hati.
Tapi kebanyakan dari kita sering kali mempunyai kebiasaan untuk istrahat kurang dari 6-8 jam itu pun dikarenakan berbagai alasan, ada yang memang dikarenakan pekerjaan, maupun cendrung karena kebiasaan yang susah diubah.
Kebiasaan tersebut dapat kita ubah, sehingga tidur pada malam hari anda menjadi lebih teratur, dan tubuh anda terasa lebih segar.
Ada beberapa cara bagi mereka yang mempunyai masalah tidur pada malam hari.

1. Ubah suasana kamar anda.

Yang harus anda lakukan adalah mensortir barang-barang anda sehingga tidak menjadi berantakan, mana barang yg tidak perlu disirkan. ubah dekorasi kamar anda tanpa mengganti furnitu yang ada misalnya ubah warna cat dinding kamar anda yang dapat memberi kesan santai dan nyaman.
Ganti penerangan dikamar anda dengan lampu yang tidak terlalu terang.

2. Jangan mengkonsumsi makanan ini sebelum anda tidur.

Ada berbagai macam makanan yang sebaiknya anda hindari ketika anda akan tidur pada malam hari terutama makanan yang mengandung kafein. Karena kafein akan membuat anda lebih awas dan berenergi bukan malah membuat anda menjadi ngantuk seperti kopi, dark chocolate, dan minuman berenergi pada malam hari.
Keripik dan makanan asin juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi menjelang tidur karena dapat menyebabkan anda lebih sulit untuk tidur.

3. Sebaiknya konsumsi makanan ini sebelum tidur.

- kedele sangat dianjurkan karena mengandung banyak proteib dan kaya nutrisi karena dapat mendorong kantuk dan menyediakan kompenen yang berguna untuk camilan.
- buah yang baik dikonsumsi sebelum tidur seperti pisang, jeruk, beri, delima dan masih banyak lagi yang lainya.

4. Usahan untuk berolah raga teratur.

Saat anda latihan fisik metabolisme didalam tubuh meningkat karena terjadi proses pembakaran kalori tubuh. Pembakaran menyebabkan tubuh mengalami pemanasan, namun setelah itu tubuh akan mengalami proses pendinginan pada waktu istirahat pada proses tsb tubuh akan memproduksi melatonin yang membantu kita untuk dapat tidur yang nyenyak.
Dengan berolah raga selain tubuh sehat juga dapat membantu mengatasi masalah susah tidur.

5. Rubah pola tidur anda.

Yang sebelumnya tidur diatas jam 12 malam coba dikurangi dengan cara tidur lebih cepat maksimal kurang dari jam 12 malam. Buat memulai merubah jam tidur malam memang sulit untuk kali pertama tapi apabila sudah sering dilakukan tubuh akan terbiasa menjadi tidur dibawah jam 12 malam. Untuk merubahnya juga anda harus membiasakan tidur dibawah jam 12 malam.
Susah tidur pada malam hari kebanyakan dimulai dari kebiasaan begadang sehingga tubuh cendrung tidak merespon apabila mesti tidur sebelum lewat jam 12 malam.

No comments:

Post a Comment