Search This Blog

Thursday 7 July 2016

Kenali Arti Rahasia Kode Stiker Pada Buah Sebelum Membelinya

Ketika berbelanja buah dipasar tradisional ataupun modern, anda pasti sering melihat stiker dengan kode yang tertempel pada buah yang akan anda beli. Tapi tahukah anda bahwa stiker kode tersebut mempunyai artian tertentu yang masih belum banyak orang yang paham rahasia kode tersebut. Padahal kode tersebutlah yang memberikan kita informasi mengenai buah yang akan kita beli seperti nama buah, cara budidaya, dan informasi penting apakah buah tersebut masuk dalam golongan buah organik atau anorganik.
Jadi hanya dengan memperhatikan kode tersebut kita bisa tahu apakah buah tersebut bagus buat anda apa tidak, menginggat ini sangat berkaitan erat dengan kesehatan anda. Dengan begitu anda dapat tahu mana buah yang sehat mana yang tidak sehingga anda bisa mendapatkan manfaat dari buah-buahan tersebut.
Sebelum membahas arti kode stiker pada buah, ada bagusnya anda tahu terlebih dahulu apa itu tanaman organik dan konvensional :

Tanaman organik
Cara bertani tanaman dengan menggunakan sistem alami tanpa bahan kimia. Mulai dari pemupukan, pestisida dan perawatan semuanya tidak menggunakan bahan kimia, bukan hanya pupuk dan pestisida yang alami tapi tempatnya juga bebas dari polusi, baik itu polusi udara, air dan tanah.

Tanaman konvensional
Cara bertani tanaman modern dengan menggunakan bahan-bahan kimia, dimulai dari pupuk dan pestisida yang semuanya berasal dari zat-zat kimia. Cara tanam inilah yang sekarang paling banyak dipakai oleh para petani kita.

Setelah mengetahui perbedaan organik dan anorganik anda. Sekarang kita akan menjelaskan arti kode stiker yang terdapat pada badan buah tersebut :
1. Kode yang tertera pada buah umumnya terdiri dari 4 sampai 5 angka. Jika semua kode buah yang tertera hanya terdiri dari 4 angka, maka buah tersebut merupakan hasil dari penanaman secara konvensional yang menggunakan pupuk dan pestisida dari bahan kimia.
2. Kode terdiri dari 5 angka yang angka pertama dimulai dengan angka 8, maka buah tersebut menggambarkan kondisi buah yang ditanam dengan cara konvensional, non organik, dan mendapat modifikasi genetis.
3. Kode terdiri dari 5 angka yang angka pertamanya dimulai dengan angka 9, maka buah tersebut sudah pasti ditanam secara organik baik pupuk maupun pestisida yang terbuat dari bahan alami.
Jadi pastikan lagi buah yang akan anda beli sebaiknya terdiri dari 5 angka dengan angla awalnya dimulai dengan angka 9.
Sebagai contoh supaya anda mudah menginggatnya :
Perhatikan angka awal dan jumlah angkanya pada buah tersebut pada buah apel hijau
Kode 4139, ini berarti buah tersebut ditanam dengan menggunakan metode konvensional.
Kode 84139, ini berarti buah tersebut juga ditanam dengan metode konvensional, non organik dan hasil rekayasa genetik.
Kode 94139, ini berarti buah tersebut ditanam dengan menggunakan metode organik baik pupuk dan pestisidanya terbuat dari bahan alami.
Dari contoh diatas dapat disimpulkan bahwa ketika anda hendak membeli buah perhatikan angka awal dan jumlah dari angka tersebut agar anda dapat menikmati manfaat dari buah yang akan anda konsumsi. Buah yang terdiri dari 5 angka dengan angka awalnya 9 merupakan buah yang paling sehat dan paling bagus untuk anda konsumsi.

No comments:

Post a Comment