Search This Blog

Sunday 10 July 2016

6 Jenis Makanan Yang Seharusnya Tidak Boleh Disimpan DIkulkas

Menyimpan sesuatu didalam kulkas sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat kita, baik berupa cemilan, buah, sayuran sehingga semua jenis apapun ada didalam kulkas.
Hal ini disebabkan acapkali tertanam pada mindset kita bahwa makanan yang disimpan didalam kulkas akan lebih awet dan tahan lama. Padahal ada beberapa makanan yang tak mesti disimpan didalam kulkas. Justru apabila disimpan didalam kulkas akan mempengaruhi makanan tersebut bahkan bisa sampai mengubah kualitas gizi yang terkandung didalam makanan dan minuman, malah bisa saja mempercepat terjadinya pembusukan.
Jadi tidak semua jenis makanan dan minuman yang bisa disimpan didalam kulkas, berikut beberapa makanan yang tidak boleh disimpan didalam kulkas :

1. Tomat
Pada umumnya kita sering salah mengartikan apakah tomat termasuk buah atau sayuran, tomat sebenarnya merupakan jenis sayuran. Apabila tomat disimpan didalam kulkas maka akan mempengaruhi perubahan rasa. Udara dingin didalam kulkas ternyata akan menghambat pematangan tomat, sehingga rasanya menjadi kurang nikamat. Tomat juga bukan buah yang tahan terhadap suhu dingin, apabila tomat disimpan didalam kulkas maka akan menyebabkan tekstur tomat akan menjadi lembek dan kering karena rusaknya membran bagian dalam kulit tomat. Jadi jangan simpan tomat dikulkas sebaiknya letakkan tomat ditempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

2. Melon dan semangka yang masih utuh.

Menyimpan melon dan semangka yang masih utuh didalam kulkas ternyata dapat memperburuk kualitas daging dari buah tersebut. Dikarenakan suhu yang dingin daging melon dan semangka teksturnya menjadi lebih kasar dan kering. Jadi apabila ingin menyimpan buah semangka dan melon didalam kulkas sebaiknya dipotong dahulu setelah dipotong anda baru bisa menyimpannya didalam kulkas itu pun tidak boleh lebih dari 5 hari karena akan menyebabkan daging semangka menjadi tidak lusuh dan rasanya menjadi tidak manis lagi.
3. Pisang

Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini, buah yang sangat disukai oleh semua orang. Selain buahnya yang enak harganya juga sangat terjangkau, dan buah ini sangat mudah untuk ditanam. Buah tropis yang satu ini sudah banyak dibuat panganannya baik berupa gorengan maupun aneka makanan lezat lainnya yang berbhan dasar pisang.
Tetapi buah yang mempunyai kandungan kalsium yang tinggi ini ternyata tidak cocok untuk disimpan didalam kulkas karena akan membuat kulitnya berubah menjadi kecoklatan dan bukan hanya warna kulitnya saja yang berubah ternyata akan merubah tekstur asli dari sidaging tersebut.
4. Madu

Kebanyakan dari anda sekalian pasti akan menyimpan madu didalam kulkas agar tetap awet tapi sebenarnya madu akan tetap awet meski tidak disimpan didalam kulkas hal ini dikarenakan madu memiliki bahan pengawet alami sehingga tidak perlu didinginkan.
Jika dimasukkan kedalam kulkas bisa-bisa kandungan gula yang terkandung dalam madu akan mengkristal dan mengeras. Anda akan jadi susah apabila ingin mengkonsumsi madu dikarenakan madunya menjadi keras.
5. Mentega
makanan ini biasanya selalu disimpan didalam kulkas apabila selesai mengkonsumsinya. Bahan ini dikenal sebagai bahan yang dapat memperkaya rasa dari sebuah makanan.
Menurut the food and drug administrasion, makanan yang dibuat/diolah dari produk susu ini dapat ditaruh pada tempat bersuhu ruangan selama beberapa hari. Jadi mulai dari sekarang jangan biasakan meletakkan mentega didalam kulkas karena mentega anda akan baik-baik saja apabila tidak disimpan didalam kulkas.
6. Roti
Roti bukan makan pokok masyarakat kita, meski begitu sumber karbohidrat yang satu ini sangat banyak penggemarnya. Namun tahukan anda bahwa menyimpan roti didalam kulkas malah akan mempercepat roti menjadi basi. Suhu yang dingin didalam kulkas akan mempengaruhi roti membusuk dengan lebih cepat dibandingkan dengan tidak menaruhnya didalam kulkas. Jadi jangan letakkan roti anda didalam kulkas lagi.

No comments:

Post a Comment