Search This Blog

Sunday 3 July 2016

4 Jenis Makanan Yang Wajib Ada Pada Saat Lebaran

Lebaran yang ditunggu bagi umat muslim didunia hanya tinggal menghitung hari, setelah berpuasa selama sebulan penuh menahan segala macam cobaan yang harus dilalui dari mulai subuh sampai maghrib datang, Maka sudah tiba waktunya bagi anda untuk merayakan hari kemenangan. Merayakan hari lebaran khususnya masyarakat indonesia diisi dengan berbagai macam kegiatan, dimulai dengan silaturrahmi ke keluarga besar, mengunjungi sanak family hingga ke tetangga didekat rumah.
Pada saat lebaran ada beberapa makanan yang wajib ada, memang disetiap daerah terdapat perbedaan makanan yang wajib saat lebaran, akan tetapi berikut ini adalah beberapa makanan yang secara umumnya wajib ada saat lebaran :

1. Ketupat


Makanan yang terbuat dari bahan dasar beras yang dibungkus dengan anyaman daun kelapa muda merupakan makanan yang paling sering disajikan disetiap keluarga pada saat lebaran.
Bahkan setiap kali anda berkunjung baik kerumah sanak family maupun kerumah teman ketupat selalu tersaji untuk anda, sebenarnya ketupat bukan hanya makanan khas indonesia saja akan tetapi merupakan hidangan khas asia tenggara maritim.
Jadi selain dinegara indonesia ketupat juga bisa anda jumpai dinegara malaysia, filipina, singapura dan brunei darusalam pada saat lebaran datang. Ketupat biasanya disajikan bersama kuah santan yang berisi daging atau ayam dan potongan nangka. Tapi tergantung dari yang punya rumah mau menyajikan ketupat bersamaan dengan hidangan apa.

2. Rendang
Masakan tradisional khas dari minangkabau ini memang sangat digemari oleh hampir semua masyarakat dunia, rendang juga dinobatkan sebagai peringkat pertama dalam daftar " 50 hidangan terlezat didunia".
Rendang sering kali disajikan bersamaan dengan ketupat, rendang bisa dibuat dari daging sapi maupun daging ayam sesuai selera masing-masing. Rendang yang terbuat dari potongan daging tersebut dimasak bersama santan yang berisi banyak kandungan rempah-rempah.

3. Opor ayam
Opor ayam merupakan salah satu hidangan yang pas buat dimakan bersamaan dengan ketupat, Adanya daging ayam yang direbus dengan santan yang bercampur dengan rempah-rempah.
Opor ayam merupakan salah satu menu yang tidak akan ketinggalan pada saat lebaran, lembutnya potongan ayam yang empuk dicampur dengan rasa gurih dari santan yang membuat hidangan satu ini selalu menjadi primadona pada saat lebaran.

4. Kue kering
Sajian yang tidak pernah absen saat lebaran adalah kue kering, Disetiap rumah pasti selalu tersaji cemilan kue kering ini. Kue kering ini sangat banyak jenisnya misalnya nastar yang berisi selai nanas, putri salju, tusuk gigi, dan masih banyak lagi jenisnya.
Biasanya kue kering dibuat sendiri kalau tidak bisa dengan cara membelinya yang biasanya dijual perkiloan.

No comments:

Post a Comment