Search This Blog

Tuesday 1 March 2016

Hati-hati !!!10 kebiasaan buruk yg tanpa anda sadari dapat merusak ginjal

Hampir semua dari kita cendrung tidak memperdulikan hal/masalah kecil, yg sering kita anggap sebelah mata. Adakalanya hal yg kita anggap simpel justru besar akibatnya, kita semua tahu fungsi dari ginjal untuk menyaring racun dari darah, menyeimbangkan elektrolit yg ada dalam tubuh nah diginjal inilah semua zat-zat yg tidak berguna untuk tubuh itu dibuang melalui urin (air seni). Coba kita bayangkan apa jadinya tubuh kalo ginjal kita rusak, sudah pasti racun yg ada didalam tubuh tidak bisa dikeluarkan secara sempurna, untuk mengeluarkan racun tsb kita harus cuci darah seumur hidup.
Inilah kebiasaan yg selalu kita lakukan.
1. Kurang minum
Kita diwajibkan minum air minimal 8 gelas/hari ada jg yg mengatakan 10-12 gelas , ingat hukumnya wajib bukan sunnah ya. Jadi jelas harus dilakukan kalo ingin ginjal tetap sehat, kenapa karena kita tahu fungsi ginjal sbg penyaring darah dan racun dg banyak mengkonsumsi air minum dapat melancarkan peredaran darah keginjal dan ginjal tidak bekerja terlalu keras akibat kentalnya darah karena kurang minum. Semakin banyak kita minum maka akan semakin bagus bagi ginjal.
2. Sering menahan buang air kecil.
Ini yg banyak dilakukan oleh kita menahan keinginan buat buang air entah karena terlalu sibuk, entah karena lagi diperjalanan mungkin malu buat pipis sembarangan. Inilah yg bisa mengakibatkan terjadinya batu ginjal, inkontinensia urin (susah buang air kecil) dan gagal ginjal, apabila urin tetap dalam kandung kemih dalam waktu lama akan menyebabkan berkembang biaknya bakteri yg bisa mengakibatkan infeksi pada saluran kemih dan jg infeksi pada ginjal. Jadi saran saya segera lah kebelakang apabila tubuh anda telah memberikan sinyal buat pipis, klo bagi yg dalam perjalanan usahakan buat berhenti sebentar, klo gak sediakan pispot, botol apa plastik jadikan mudah tinggal sorong (hehehe) ini hanya khusus bagi pria bukan buat wanita.
3. Sering mengkonsumsi obat.
Jangan terlalu sering mengkonsumsi obat entah itu analgetik (penghilang rasa sakit), atau obat jenis apapun baik Obat demam dsb. Karena obat merupakan zat kimia yg dpt merusak organ ginjal. Penelitian jg menunjukkan analgetik dapat mengurangi aliran darah keginjal dan fungsi ginjal memburuk, dan jangan digunakan dalam waktu yg lama karena dapat mengakibatkan ginjal akut dan kronis.
Jadi jangan terlalu sering makan obat klo makan nasi boleh sering-sering, klo merasa badan kurang enak lebih baik istirahat dan banyak minum air putih sebab badan bisa kurang enak banyak sebabnya tidak semuanya karena penyakit.
4. Konsumsi garam yg berlebihan.
Secara teratur mengkonsumsi garam berlebih akan mengakibatkan kerusakan besar buat ginjal anda. Ginjal memetabolisme 95% natrium yg dikonsumsi melalui makanan.
Ketika asupan garam tinggi ginjal harus bekerja ekstra keras untuk mengeluarkan kelebihan garam dalam tubuh yg menyebabkan penurunan kemampuan ginjal dan penimbunan air dalam tubuh. Tubuh mempunyai batasan-batasan buat mengkonsumsi zat-zat makanan seperti natrium, vit c dll. Apabila tubuh sudah cukup asupannya maka kelebihannya akan dikeluarkan melalui ginjal sebab tidak diperlukan oleh tubuh, jadi tidak semua yg kita konsumsi bakal diambil oleh tubuh kita. Jumlah garam yg disarankan hanya 5 gram/hari.
5. Terlampau sering kurang tidur pada malam hari (begadang).
Bukan cuma ginjal yg mesti istirahat semua organ tubuh perlu istirahat, pada saat kita tidur malam hari itu la tubuh melepaskan racun dan memperbaiki jaringan tubuh yg rusak tanpa terkecuali ginjal. Jadi janganlah begadang klo tidak ada kerjaan seperti kata bang roma begadang jangan begadang klo tiada artinya.




6. Minum alkohol secara berlebihan.
Minuman alkohol secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan yg signifikan terhadap ginjal. Alkohol adalah racun yg menempatkan banyak tekanan pada ginjal dan hati.






7. Terlalu banyak mengkonsumsi kaffein.
Ini khusus bagi pencinta kopi jangan terlalu banyak mengkonsumsi kaffein dalam tubuh. Karena dapat menyebabkan tekanan darah menembak dengan kuat pada ginjal anda hingga dapat memicu kerusakan.





8. Rutin mengkonsumsi gula secara berlebihan.
Studi ilmiah menunjukkan bahwa orang yg mengkonsumsi dua/lebih minuman manis setiap harinya lebih mungkin untuk mendapatkan protein dalam urinnya. Protein yg terdapat dalam urin merupakan pertanda awal bagi orang tersebut jika ginjalnya tidak berfungsi sebagaimana semestinya.



9. Mengabaikan penyakit yg dapat memicu terjadinya gagal ginjal.
Ada dua penyakit yg paling sering mengakibatkan terkadinya gagal ginjal yaitu darah tinggi (hipertensi) dan diabetes. Dikarenakan hipertensi dapat mengakibatkan meningkatnya tekanan darah dalam ginjal yg bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal, klo diabetes karena meningkatnya gula darah dalam tubuh menyebabkan terjadinya pengentalan darah yg beresiko meningkatkan kinerja dari ginjal.



10. Kekurangan vitamin dan mineral.
Makan makanan yg bersih, banyak makan sayur dan juga buah penting bagi kesehatan tubuh tanpa terkecuali ginjal kita. Kekurangan vitamin dan mineral dapat mengakibatkan terjadinya batu ginjal atau bahkan gagal ginjal.



Gambar orang lagi cuci darah.
ternyata hal yg kita anggap sepele bisa berakibat fatal bagi ginjal kita, kalo bukan kita siapa lagi yg menjaga tubuh kita sendiri mulai sekarang sayangilah ginjal kita karena tidak ada obat sama sekali klo ginjal sudah rusak satu-satunya obat pun hanya cuci darah seumur hidup.

No comments:

Post a Comment