Search This Blog

Thursday 30 June 2016

6 Momen yang Paling di Tunggu Menjelang Lebaran

Bulan puasa bulan penuh berkah bagi setiap umat muslim didunia. Sebentar lagi hari kemengan yang ditunggu-tunggu akan datang, Semua orang bersuka cita menyambut kedatangannya. Sudah menjadi tradisi diindonesia apabila mendekati lebaran ada beberapa momen yang selalu dinantikan kedatangannya.
Lebaran tidak akan lengkap tanpa momen berikut ini :

1. THR (Tunjangan hari raya)
Sudah menjadi tradisi kultural diindonesia apabila menjelang Hari Raya Idul Fitri, para pekerja baik dari instansi swasta maupun pemerintahan mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) sehingga para pekerja dapat memanjakan keluarga mereka dengan pakaian baru, perlengakapan sholat, hidangan lezat atau sekedar pelepas penat bersama keluarga.

2. Shopping
Setelah dapat THR lanjut shopping, Beberapa pusat perbelanjaan modern menawarkan diskon besar bagi mereka yang berbelanja menjelang lebaran terutama untuk fesyen.
Bahkan ada beberapa syawalan/ mal yang memberikan diskon mencapai 70%, inilah yang diburu semua lapisan mayarakat baik yang muda hingga yang tua untuk mencari fesyen yang akan digunakan pada saat lebaran. Bahkan lebih rame mal-mal ketimbang masjid, yang lebih rame lagi terjadi pada saat malam takbiran.

3. Mudik

Momen yang paling dinanti buat para anak perantauan untuk pulang kampung, Mudik diindonesia selalu identik dengan hari besar baik berupa lebaran maupun hari besar agama lain.
Hampir setiap anak perantau selalu mudik pada saat lebaran, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum, kegiatan ini paling seru apabila dilakukan beramai-ramai atau konvoi dengan kawan satu daerah maupun berbeda daerah tapi masih satu jalur.

4. Membuat Kue lebaran
Ini juga momen yang tidak bisa ditinggalkan bagi para ibu-ibu menjelang hari raya, apalagi dijaman sekarang bagi ibu-ibu yang tidak sempat membuat kue bisa membeli secara online ataupun dari toko kue didaerah tersebut.
Biasanya yang paling banyak berupa aneka kue kering yang selalu ada disetiap rumah, sebenarnya kue bukan hanya untuk lebaran namun karena sudah menjadi kebiasaan warga negara indonesia belum lengkap lebaran tanpa kue dirumah.

5. Jalanan pada sepi.
Momen yang paling banyak ditunggu warga yang sering menjalani rutinitas dengan kemacetan, pada saat lebaran inilah ruas" jalanan pada sepi tidak seperti hari-hari biasanya.
hal ini disebabkan kebanyakan warga pada mudik lebaran, jalanan sepi sudah terasa pada saat H-3 menjelang lebaran.

6. Penyakit Pasca lebaran
Hal minus yang sering terjadi bahkan sudah menjadi langganan pada saat selesai lebaran, orang pada banyak dirawat dirumah sakit akibat berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh minuman dan makanan.
Yang paling banyak terjadi pada anak-anak akibat kebanyakan minum-minuman kaleng, penyakit paling banyak berupa diare, demam dan lain sebagainya.

No comments:

Post a Comment