Search This Blog

Wednesday 24 February 2016

6 pantangan yang sering kita dengar dimasyarakat

Indonesia merupakan negara dengan ke anekaragaman budaya, suku, dan bahasa selain bangsa yg besar indonesia jg mempunyai pantangan atau yg biasa disebut pamali yg diturunkan turun temurun dari orang tua dulu. Di setiap daerah pasti mempunyai patangan" masing-masing, kadang pantangan tsb bisa dibilang hanya mitos boleh percaya boleh tidak dan kadang mempunyai maksud tersendiri yg apabila dipikirkan masuk akal kenapa pantangan tsb ada. Ada jg yg tidak masuk akal sama sekali.
Disini saya akan membahas beberapa pantangan yg mungkin familiar kalian dengar.

1. Bagi suami yg punya istri yg lg hamil.

Dilarang menyakiti/menyiksa binatang katanya apabila sang suami menyakiti/menyiksa binatang, justru akan terpengaruh pada janin yg dikandung sang istri bisa cacat. Nah ini yg menurut saya tidak masuk akal kenapa?? Saya jg gak tau kenapa bisa begitu, Sudah jelaskan apa hubungannya coba.





2. Bagi wanita hamil jg dilarang duduk didepan pintu.

Konon katanya wanita hamil tsb bakal susah melahirkan, boleh percaya boleh tidak jg sih, tapi ada jg yg memang pernah kejadian susah melahirkan lantaran duduk didepan pintu ntah itu karena kebutulan mungkin. Mungkin jg karena ngak enak dilihat oleh orang.





3. Tidak boleh pakai payung didepan rumah.

Apa lg yg satu ini hubungannya dimana binggung alasannya kenapa, mungkin karena menghalangin orang rumah lagi nonton (hehe).






4. Klo lagi makan jangan pindah-pindah tempat.

Klo yg ini bakal banyak pria yg pengen klo jd kenyataan soalnya menguntungkan bagi pria dan merugikan bagi wanita, alasannya konon katanya apabila seorang pria makan pindah" tempat bakal banyak istri begitu juga sebaliknya apabila wanita yg seperti itu bakal banyak suami, gimana menguntungkan bangetkan bagi para pria klo kenyataan bakal senang semua para pria didunia (walaupun gak semua pria y).



5. Klo lagi makan jangan disisain ataupun dibuang.

Kayaknya yg ini mengajarkan kita buat menghargai makanan, karena tidak semua orang dapat makan jadi bersyukur lah karena kita masih dapat makan.





6. Tidak boleh motong kuku pada malam hari.

Ya terang aja karena malam gak seterang siang takutnya bukan kuku yg dipotong melainkan daging jari tangan dan kuku yg dipotong takutnya berserakan dimana", karena malam jd gak kelihatan.






dari apa yg sudah dijabarkan diatas kita jadi tau mana yg memang mengajarkan nilai positif dan mana yg tidak masuk akal sama sekali, jadi kembali kepada pribadi masing" memang ada jg yg pernah kejadian tapi kan belum tentu benar apa memang karena pantangan tsb atau hanya karena kebetulan semata, selama masih punya tuhan kenapa mesti takut.

1 comment: