Search This Blog

Monday 22 February 2016

Dampak negatif majunya teknologi dengan kehidupan sosial


Majunya teknologi tak bisa dipungkiri berpengaruh terhadap kehidupan sosial, orang cendrung lebih mementingkan media sosial dalam kehidupan sehari" berbeda jauh dengan beberapa tahun belakangan.


Apalagi sekarang zamannya medsos tak bisa terpisahkan dari kehidupan seperti fb, line, wa dll. Memang medsos mempermudahkan seseorang buat mencari informasi dan memudahkan orang" untuk berinteraksi walau berjauhan, belum lagi dengan tidak bisa lepasnya kita dari alat" elektronik sepanjang hari, seperti laptop maupun smartphone kita.

Bisa dibilang orang" cendrung lebih banyak mementingkan medsos seperti kebanyakan orang mengatakan seperti ini menjauhkan yg dekat dan mendekatkan yg jauh.
Memang tidak semuanya dampaknya negatif bagi kehidupan ada juga positifny, tapi yg bakal kita bahas adalah dampak buruknya dari medsos itu sendiri.
1. Kita lebih banyak menghabiskan waktu dimedsos.


Sebarapa sering kamu berinteraksi di medsos baik fb, twitter, instagram?? Apakah dengan tidak melakukan interaksi satu hari saja dimedsos akan mempengaruhi kamu?? Jika ya berarti kamu telah terkena dampak dari medsos





2. Kita jadi pemburu "likers"
Ketika kita memposting/mengupgrade status ataupun foto kita cendrung mengharapkan like dari orang lain, dengan dapat like dari orang lain kita merasa senang. sering kali kita membuka medsos hanya untuk melihat ada yg like apa nggak, atau menunggu notifikasi dari smartphone kita.








3. Tanpa sadar kita sering terganggu dengan smartphone kita.

Apakah kamu menyadari sebenarnya kita sering terganggu dengan smartphone kita, pada saat belajar/lagi bekerja kita sering kali melihat notifikasi tersebut tentu kamu akan melihat" sebentar. Dengan ini saja fokus belajar kamu sudah terganggu dan waktu kamu sudah terbuang hanya karena notifikasi tsb.


4. Keluarga menjadi orang asing.

Mungkin sebelum menjamurnya internet seperti saat ini, kamu sering berbincang" dengan keluarga kamu pada saat malam, seperti setelah makan malam, namun pada saat sekarang mungkin banyak keluarga yg mengalami hilangnya momen bersama keluarga, karena setelah ngumpul pada malam hari baik itu setelah makan ataupun tidak semuanya pada sibuk memegang hp masing" dan sibuk pada kegiatan internetnya masing" kalaupun ada yg ngbrol mungkin hanya sekedarnya saja. Walaupun tidak semua keluarga yg seperti ini.
5. berubahnya momen berkumpul bersama teman".

Kamu pasti pernah ngalami pada saat kumpul dengan teman" tapi semua pada sibuk dengan hp masing". Hal ini yg menyebabkan hilangnya kebersamaan dg teman, canda"an dg teman yg makin hilang. Tidk seperti dlu yg mana kumpul dg teman itu seauatu yg menyenangkan kita mau ngapain aja pokokny seru.




6. Hilangnya malu dikarenakan selfi.

Kita semua pasti pernah selfi dimanapun yg sekiranya menarik tidak pedulu dimana pun kapan pun, mau orang rame atau sepi, yg penting selfi dlu.











7. Meningkatnya tindakan bullying diinternet.




Hal ini sudah pernah kamu lihat sehari". Sekarang orang dpat dg mudah membully orang lain tanpa melihat efeknya pada orang tsb. Mngkin orang tsb mempunyai salah, tapi kita dngan mudahnya mencaci mereka, menghina dan merendahkan mereka.










8. Informasi palsu dan tindakan penipuan.


Salah satu dampak paling bruk dari perkembangan internet saat ini adlah mudahnya penyebaran informasi palsu dan tindakan penipuan. Saat ini orang dapat mudah percaya dg informasi palsu yg justru berakhir dg penipuan.hal ini tentu menuntut kita untuk jngan mudah percaya sebuah informasi yg belum tentu kebenarannya.


Dampak-dampak buruk diatas bukannya tidak bisa dihindari. kita sebagai individu yg hidup pada zaman ini, harus mampu mengendalikan diri kita dari ketergantungan media elektronik, jangan sampai dengan perkembangan internet saat ini, kita malah memiliki ketergantungan yang tinggi terhadapnya, lebih-lebih kita menggunakannya untuk sesuatu yg buruk. oleh karena itu kita harus bijak dalam mengambil sikap agar tidak terkena dampak buruknya.

No comments:

Post a Comment