Search This Blog

Tuesday 3 May 2016

inilah !!! 10 jenis buah-buahan yang paling besar manfaatnya bagi kesehatan


Indonesia merupakan daerah tropis yang sangat kaya akan berbagai jenis buah-buahan, hampir semua jenis buah-buahan dapat hidup diiklim indonesia. Dikarenakan keadaan geografis yang strategis inilah indonesia menjadi penghasil buah terbesar diasia.
Selain lezat dan bergizi buah-buahan mengandung vitamin dan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan. Buah-buahan bisa bermanfaat sebagai sistem kekebalan bagi tubuh, kecantikan, menyegarkan tubuh, menjadikan wajah terlihat awet muda.
Berikut adalah buah-buahan yang sangat bermanfaat bagi tubuh :
1. Buah naga
Buah naga (dragon fruit) mengandung banyak sekali nutrisi semisal vit. C, zat besi, vit. B2, B1, karotin, protein, serat baik, kalsium tinggi dan juga B3 yanga sangat baik untuk kesehatan badan. Buah naga juga dapat menurunkan berat badan sehingga sangat baik sekali untuk diet disamping itu buah naga sumber besar antioksidan dan bagus untuk detok, mencegah kanker, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat mencegah diabetes militus.



2. Manggis
Hasil penelitian yang dilakukan mengungkapkan bahwa buah manggis dan kulit buahnya kaya dengan 40 lebih zat xanthones yang merupakan salah satu zat antioksidan yang sangat bermafaat didunia.
Tidak hanya itu buah manggis didalam buahnya juga mengandung polikasanida, cathechins dan polyphenols yg merupakan salah satu bahan antikulat dan anti bakteri. Perlu diketahui xanthones adalah salah satu komponen aktif yg utama dari buah manggis.


3. Belimbing

Belimbing mengandung sejumlah nutrisi penting, antioksidan dan vitamin. Serat dari belimbing dapat menyehatkan pencernaan, belimbing juga mengandung vit. C yg dapat mencegah terjadinya kanker, menurunkan darah tinggi, mengatasi gangguan ginjal, dan mengurangi kadar kolesterol jahat.



4. Alpukat

Banyak manfaat alpukat yg tidak kita sadari dapat membantu kita mencegah penyakit berbahaya dan meningkatkan metabolisme tubuh. Alpukat mengandung lemak sehat, protein, gula, vitamin, mineral dan serat.
Alpukat sangat bagus untuk menjaga kesehatan katdiovaskuler (jantung), dapat menurunkan berat badan dan sangat bagus untuk mencegah diabetes.



5. Apel

Serat yang terkandung dalam apel membantu menurunkan kolesterol dan memperlancat pencernaan. Apel juga kaya akan flavonoid antioksidan yang berguna untuk mengurangi resiko penyakit jantung, stroke, dan kanker.








6. Delima

Delima mengandung folat, serat, kalium, niasin, vitamin A dan E. Antosianidin dalam delima memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi yang menurunkan kolesterol, tekanan darah tinggi, melindungi gigi, mencegah osteoatritis, alzheimer, kanker payudara, leukemia, kanker paru dan prostat.



7. Pisang

Pisang mengandung banyak kalium dan sedikit sodium, Pisang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan stroke. Protease inhibitor pada pisang dapat mencegah radang lambung, serat dalam lambung membantu menormalkan fungsi pencernaan. Pisang dapat menjadi sumber energi alami karena sebuah pisang ukuran sedang memiliki sekitar 108 kalori.



8. Pepaya

Pepaya mengandung banyak vitamin C, folat dan karotenoid. Pepaya merupaka satu-satunya sumber papain enzim pencernaan alami yang membantu mencerna protein. Pepaya juga merupakan anti inflamasi, menguatkan sistem imun, menyehatkan tulang dan baik untuk penderita diabetes.







9. Tomat

Tomat merupakan sumber likopen, salah satu sumber karotenoid terkuat, yang bertindak sebagai antioksidan. Penelitian menunjukkan bahwa tomat dengan penggunaan sehari-hari menurunkan kolesterol dan resiko kanker kandung kemih, perut dan usus besar.




10. Mangga

Mangga telah dinobatkan sebagai buah yang paling banyak dikonsumsi didunia. Beberapa manfaat dari mangga yang mungkin didapat dari mengkonsumsi mangga termasuk resiko penurunan resiko degenerasi makula, penurunan resiko kanker usus besar, kesehatan tulang bahkan manfaat bagi kulit dan rambut.
Selain itu mangga juga dapat mengurangi diabetes, mencegah penyakit jantung, pencegahan kanker, membantu pencernaan, zat besi yang tinggi bagi wanita, menjaga kadar kolesterol, menyehatkan mata dan pencegahan asma.

Bagaimanapun manfaat dari buah-buahan diatas akan lebih penting jika dilakukan dengan pola hidup sehat, karena seberapa bagusnya manfaat buah-buahan tersebut tidak akan berguna apabila pola hidup anda todak bagus.

No comments:

Post a Comment