Search This Blog

Monday 2 May 2016

Jangan anggap remeh pilek yang anda alami

Pilek disebabkan oleh ratusan virus yg berbeda. Maka dari itu belum ada obat yg mampu melawan serangan ratusan virus tsb, akan tetapi seiring bertambahnya usia tubuh bisa kebal terhadap beberapa virus penyebab pilek. Hal ini juga lah yg menyebabkan kenapa bayi dan anak-anak lebih mudah terkena pilek.
Hampir semua dari kita menyepelekan bahaya dari pilek dikarenakan ketidak tahuan tentang resiko dari pilek.
Berikut ini adalah bahaya dari pilek.
1. Infeksi telinga
Pilek biasanya dapat menyebabkan infeksi pada anak akibat bakteri atau virus yg masuk kegendang telinga. Menangis dan sulit tidur biasanya menjadi tanda anak terinfeksi ditambah lagi kalo mereka lagi pilek.
2. Sinusitis
Pilek dapat memicu sinusitis atau radang dirongga hidung. Sinusitis yg disertai dengan pilek biasanya tidak begitu serius namun bisa juga menjadi lebih mengkhawatirkan jika dibiarkan berlanjut.
3. Asma
Dikarenakan saluran pernapasan terganggu penderita pilek dapat terancam terjadinya asma. Asma ini dapat menyerang anak-anak maupun orang dewasa.
4. Infeksi lain
Bahaya dari pilek juga dapat berupa pneumonia atau bronkitis. Penyakit tsb merupakan infeksi sekunder dari pilek.
Biasanya pilek juga dapat sembuh dengan sendirinya seiring dengan kemampuan pertahanan tubuh yg meningkat. Pilek akan sembuh selama 3-7 hari tergantung dari kondisi tubuh penderita. seperti yg sudah dijelaskan diatas ada resiko apabila pilek tidak segera disembuhkan, menyembuhkan pilek juga bisa menggunakan obat tradisional seperti.

1. Cabe rawit
Cabe rawit mengandung capsaicin yg dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah sehingga akan lebih cepat mengirim vitamin dan nutrisi keseluruh tubuh. Panas dan pedas dari capsiacin juga dapat membantu mengencerkan cairan penyumbat rongga hidung. Cara ini sangat tidak disarankan bagi penderita maag.







2. Jahe
Ambil tiga potong jahe segar bersihkan, tumbuk dan masukan kedalam air hangat yg dicampur dengan sesendok madu ditambah merica. Jahe diketahui mengandung senyawa anti virus alami yg dapat membantu menyembuhkan pilek, jahe juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.




3. Seng (zinc)
Zinc adalah mineral penting yg selalu dibutuhkan oleh tubuh. Zinc dapat diperoleh dari makanan kaya akan kandungan zinc seperti kacang buncis, seafood, daging, telur dan kedelai. Makanan yg mengandung zinc dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Bawang putih

Bawang putih memiliki senyawa kimia yg bersifat antibiotik yg kuat, sehingga bisa menjadi anti virus alami. Bawang putih dapat melancarkan sirkulasi peredaran darah, sehingga dapat membantu mengirim nutrisi yg penting bagi tubuh lebih cepat.







5. Kunyit

Kunyit merupakan bahan alami yg dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh melancarkan peredaran darah serta antioksidan. Ambil secangkit susu hangat campur dengan perasan kunyit ditambah sesendok madu diminum 3x sehari.




Yg paling penting ada baiknya anda selalu mencuci tangan, olahraga, tidak terlalu sering menyentuh wajah dengan tangan kotor, pola hidup sehat, banyak istirah.

No comments:

Post a Comment