Search This Blog

Friday 4 August 2017

Fakta Ilmiah Yang Menjelaskan Mengapa Kulit Bisa Merinding

Merinding juga dikenal sebagai reflek pilomotor, reflek ini bisa terjadi dikarenakan anda merasakan takut, otak akan langsung mengaktifkan mode siap siaga terhadap ancaman tubuh. Sehingga tubuh akan memproduksi hormon adrenalin, inilah yang akan mengakibatkan otot-otot kecil yang terhubung dengan folikel rambut kulit akan berkontraksi, yang akan menyebabkan rambut-rambut halus dipermukaan kulit lengan atau kaki menjadi berdiri.
Umumnya orang akan merinding ketika kedinginan, ketakutan, terancam, mendengar musik, mengalami kejadian yang cukup emosional, atau saat bersentuhan dengan benda atau orang lain. Tubuh yang merinding umumnya hanya terjadi beberapa saat saja atau sementara dan menghilang beberapa saat kemudian.
Ada beberapa kondisi yang menyebabkan tubuh menjadi merinding

1. Udara dingin
Merinding adalah suatu reaksi primitif yang timbul dari sistem limbik otak. Ketika ada uadara dingin yang merangsang maka rambut diujung kulit akan berdiri yang berguna untuk menghangatkan kondisi tubuh.

2. reaksi emosional
Banyak reaksi dari emosional seperti ketakutan ketika menonton film, mendengar musik akan menyebabkan tubuh menjadi merinding. Emosi yang timbul bisa menyebabkan piloerection dari akar rambut menjadi bervariasi dan komplek. Namun sampai saat ini belum diketahui kenapa ada orang yang merinding terhadap suatau rangsangan tertentu, sementara yang lainnya tidak.

3. Fight atau flight
Merinding bisa menjadi respon dari mekanisme fight or flight. Ketika manusia waspada akan suatu ancaman atau suatu bahaya, maka akan mengeluarkan adrenalin dan darah yang dipompa ke dalam otot menjadi meningkat sehingga tubuh menjadi merinding

4. Karena penyakit
Pada kasus lain merinding bisa terjadi karena gejala penyakit tertentu. Jika ada gangguan pada sistem refleks tubuh anda, anda bisa tiba-tiba merinding dan mengalami berbagai reaksi fisik lain yang muncul solah tanpa sebab, misalnya seperti jantung yang berdebar dan berkeringat. Perhatikan jika sensasi merinding yang Anda rasakan disertai dengan keringat berlebihan, detak jantung yang terlalu cepat atau lambat, tekanan darah menurun atau meningkat tiba-tiba, serta rasa sakit pada bagian tubuh tertentu.

No comments:

Post a Comment