Search This Blog

Tuesday 14 June 2016

4 hal yang mesti harus diperhatikan ketika menyajikan makanan untuk berbuka puasa

Setiap sore menjelang buka puasa banyak orang yang menjajakan makanan dipinggir jalan untuk disantap saat berbuka puasa. Dan dari sekian banyak aneka makanan yang dijual hampir sebagaian besar berupa makanan manis seperti jus buah atau sop buah, kolak, sirup, puding dan sebagainya. Sebenarnya berbuka dengan yang manis bukanlah sesuatu yang harus dilakukan tapi tidak juga dilarang untuk berbuka dengan yang manis.
Ketika anda berpuasa gula darah dalam tubuh akan berkurang itulah yang mengakibatkan anda merasa lemas pada saat berpuasa, jadi makanan dan minuman yang manis merupakan sumber energi yang bagus bagi tubuh, namun bukan makanan dengan pemanis buatan.
Mengkonsumsi buah pada saat berbuka sangat bagus bagi tubuh seperti buah kurma, dikarenakan kurma memiliki kandungan gula yang pas bagi tubuh setelah berpuasa disiang hari.
Yang jadi permasalahan banyak masyarakat kita yang mengasumsikan bahwa semua makanan yang manis bagus untuk berbuka puasa, dan kebanyakan memakai pemanis buatan. Dan masyarakat kita berasumsi bahwa berbuka dengan yang manis merupakan sunah rasulullah.
Sedangkan nabi tidak pernah menganjurkan berbukalah dengan makanan yang manis.

Nabi Muhammad SAW berkata :

"Apabila berbuka salah satu kamu, maka hendaklah berbuka dengan kurma. Andaikan kamu tidak memperolehnya, maka berbukalah dengan air, maka sesungguhnya air itu suci."
Dan dari Anas bin Malik ia berkata :
"Adalah Rasulullah berbuka dengan Rutab (kurma yang lembek) sebelum shalat, jika tidak terdapat Rutab, maka beliau berbuka dengan Tamr (kurma kering), maka jika tidak ada kurma kering beliau meneguk air." (Hadits riwayat Ahmad dan Abu Dawud).

Jadi yang dianjurkan rasulullah adalah mengkonsumsi buah kurma, kurma dalam kondisi asli tidaklah terlalu manis. Kurma segar merupakan buah dengan nutrisi yang sangat tinggi tapi berkalori rendah.
Jadi makanan yang bagus Ketika berbuka adalah :

- Berbukalah dengan kurma sesuai anjuran rasulullah, klo memang tidak ada boleh digantikan dengan buah yang lain.

- Selain kurma ada buah lain yang sangat dianjurkan oleh para ahli gizi dikarenakan memiliki tekstur yang lembut sehingga mudah dicerna oleh usus yaitu buah pepaya dan pisang

- untuk makanan yang sangat diajurkan adalah makanan yang kaya akan serat dikarenakan serat akan membantu mempertahankan energi tubuh dan kandungan potassium akan membantu fungsi otot dan saraf agar bekerja dengan baik.

- sebaiknya hindari gorengan dan makanan yang pedas ini akan menyebabkan tenggorokan menjadi radang dan tubuh akan penuh timbunan lemak.

No comments:

Post a Comment