Search This Blog

Saturday 18 June 2016

Jangan membuang kulit dari 4 jenis buah ini karena mempunyai banyak manfaatnya

Buah merupakan makanan yang banyak mengandung vitamin, serat, dan gizi yang bagus untuk tubuh. Terlebih lagi saat bulan puasa seperti sekarang, buah banyak dicari untuk dijadikan teman untuk berbuka puasa. Kebanyakan buah yang dikonsumsi dan dijadikan teman berbuka adalah apel, semangka, melon dll.
Ketika menikmati buah-buah tersebut kebanyakan anda memakannya tanpa kulit buahnya, tapi tahukah anda bahwa dikulit buah tersebut banyak mengandung vitamin, dan gizi.
Inilah 4 buah yang dikulitnya banyak mengandung vitamin :

1. Apel
Banyak orang yang memilih menikmati apel dengan membuang bagian kulitnya. Padahal didalam kulit buah apel terkandung banyak nutrisi sehat yang baik untuk kesehatan tubuh anda.
Nutrisi yang terkandung didalam kulit apel :
- mineral
Didalam kulit apel banyak terkandung kalsium, kalium dan fosfor yang merupakan sumber mineral yang penting bagi tubuh. Kalsium dan fosfor berguna untuk tulang dan gigi, sedangkan kalium berguna bagi sel, jantung dan saluran pencernaan.
- vitamin
Didalam kulit buah apel juga kaya akan vitamin A, dan juga mengandung vitamin C. Disamping itu kulit buah apel dapat meningkatkan produksi kolagen dan juga mengandung vitamin K.
- antioksidan
Kulit apel dikemas dengan phytochemical kuat seperti flavonoid dan asam fenolat yang membantu tubuh melawan kerusakan sel dalam tubuh. selain itu senyawa yang disebut triterpenoid yang membantu melawan kanker, seperti kanker usus besar, kanker hati dan payudara.
- serat
Serat memiliki banyak manfaat diantaranya dapat menurunkan kolesterol dan mengontrol berat badan.

2. Buah semangka
Kulit buah semangka yang bewarna putih dan kehijau-hijauan ini banyak mengandung nutrisi yang penting untuk kebutuhan sehari-hari. didalam kulit semangka yang berukuran 2,5 x 2,5 kulit semangka mengandung kalori sebesar 1,8 kalori yang berguna bagi tubuh. Selain itu juga mengandung beberapa vitamin diantaranya vit. C sekitar 2% dan vit. B6 sebesar 1% yang dibutuhkan tubuh.
Selain itu kulit buah semangka juga berguna untuk :
-kekebalan tubuh
-disfungsi ereksi
-obat jerawat
-mencegah penyakit kardiovaskuler/jantung
-mencegah penuan dini.
Yang digunakan hanya yang berwarna putih, bukan yang berwarna hijau

3. Buah pisang
Kulit buah pisang terutama jenis pisang manis, ternyata sangat berguna dan bermanfaat untuk kecantikan terutama kulit wajah. Dan mempunyai kandungan gizi yang cukup lengkap seperti protein, kalsium, karbohidrat, lemak, fosfor, zat besi, vit. C, vit. B, dan kandungan air.
Kulit pisang juga bisa berguna sebagai obat jerawat, tidak hanya sebagai obat jerawat ternyata juga bisa sebagai :
- berguna sebagai penambah mood
- penghilang nyeri
- mengatasi gatal
- menghilangan kutil
- penyembuhan luka
- mengkilatkan sepatu.

4. Buah naga
Didalam kulit buah naga terdapat zat pewarna alami yang disebut antosianin yang bermanfaat sebagai antioksidan yang mencegah terjadinya aterosklerosis. Bukan hanya itu saja kandungan gizi kulit buah naga, kandungan gizi yang lain seperti fosfor, kalsium, karbohidrat, mineral, protein, vit. B1, vit. B2, vit. B12 dan juga vit. C.
Manfaat kulit buah naga bagi kesehatan
- menjaga kelenturan pembuluh darah
- indikator zat pengawet makanan berbahaya
- menghambat perkembangan sel kanker

No comments:

Post a Comment