Search This Blog

Wednesday 8 June 2016

8 cara menghindari kekurangan cairan pada saat puasa

Air merupakan cairan yang paling pertama dicari pada saat berbuka puasa karena air mampu meredakan dahaga kita. Tetapi kebanyakan orang kadang sering lupa untuk memperbanyak asupan cairan yang cukup bagi tubuh hingga kembali berpuasa keesokan harinya.
Jadi sering kali ketika kita berpuasa keesokan harinya kita mudah lelah, sakit kepala dan munculnya rasa haus yang tak tertahankan saat puasa. Ini dikarenakan tubuh kekurangan cairan ditambah lagi aktifitas yang sangat tinggi, belum lagi faktor cuaca yang mempengaruhi maka otomatis tubuh akan banyak kekurangan asupan cairan yang bisa mengakibatkan tubuh menjadi dehidrasi.
Bagaimana cara kita agar terhindar dari dehidrasi dan mencegah agar tidak muncul rasa haus yang tak tertahankan supaya puasa kita bisa sampai berbuka, caranya kita harus melakukan hal-hal berikut ini seperti dilansir the hans india:

1. Jika cuaca sedang panas-panasnya, tubuh akan kehilangan lebih banyak cairan dalam tubuh. Untuk itu pastikan kita minum lebih banyak air dimalam hari setelah berbuka untuj menganti cairan yang hilang dari tubuh. Setidaknya minumlah minimal 8 gelas perhari.

2. Kurangi atau kalo bisa hindari makanan pedas karena akan meningkatkan rasa haus.

3. Jangan menggunakan terlalu banyak garam saat memasak makanan untuk berbuka maupun pada saat sahur. Juga hindari makanan yang mengandung garam tinggi seperti gorengan, makanan kaleng atau makanan yang diawetkan dikarenakan akan meningkatkan kebutuhan cairan bagi tubuh.

4. Perbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan, karena buah dan sayur banyak mengandung serat dan air. Buah dan sayur akan memakan waktu yang lama didalam usus dan mampu mengurangi rasa haus.

5. Sebaiknya minum jus yang segar dan hindari minum jus dalam kemasan yang mengandung kadar gula tinggi.

6. Usahakan jangan terlalu banyak mengkonsumsi air dalam kuantitas yang besar sekaligus atau pada saat kita lagi makan.

7. Ini yang sangat penting, perlu diketahui bahwa mengkonsunsi air dingin pada saat berbuka tidak akan meredakan dahaga, melainkan mempunyai resiko menyebabkan pembuluh darah berkontraksi dan mengakibatkan gangguan pencernaan. Untuk itu biasakan mengkonsumsi air hangat atau tidak terlalu dingin pada saat berbuka.

8. Kurangi aktifitas diluar apabila cuaca sedang panas-panasnya, hal ini akan memicu timbulnya rasa haus yang tak tertahankan.

No comments:

Post a Comment