Search This Blog

Sunday 19 June 2016

Hanya 7 Negara Yang Memiliki Waktu Buka Puasa Paling Lama Di Dunia

Siang dan malam merupakan misteri alam. Hanya Allah SWT lah yang bisa mengatur segalanya dari yang mustahil menjadi mungkin. Bagi semua umat muslim yang sedang menjalani puasa waktu siang sangat berpengaruh karena harus menahan lapar dan haus mulai dari subuh sampai maghrib tiba.
Dibeberapa negara ada yang mengalami siang lebih lama dibandingkan malam hari, tidak seperti indonesia dimana siang hanya berlangsung selama 12-13 jam, berbeda dengan beberapa negara lainnya dimana siang hari harus mereka lalui jauh lebih lama bahkan ada yang hampir mencapai 21 jam dalam sehari.
Perbedaan ini terjadi dikarenakan oleh perputaran bumi dalam mengelilingi matahari tidaklah lurus melainkan miring. Hal inilah yang menyebabkan negara-negara pada bagian utara menerima cahaya matahari lebih lama dibandingkan bagian selatan yang berlangsung selama bulan maret hingga desember. Sedangkan pada bulan oktober - februari justru bagian selatan yang mendapat sinar matahari lebih lama dibandingkan bagian utara.
Berikut adalah beberapa negara dengan waktu siang/puasa paling lama didunia.

1. Islandia
Negara yang mendapatkan peringkat paling aman didunia ini juga merupakan negara dengan waktu siang paling lama didunia yang berlangsung selama 22 jam dalam satu harinya. Bayangkan jika puasa disana 24 jam dalam sehari atau hampir seluruh waktunya hanya dihabiskan pada siang hari.

2. Negara-negara skandinavia dengan waktu puasa mencapai 21 jam.
Negara-negara tersebut seperti swedia, finlandia, norwegia tengah memasuki musim panas dan siang hari yang berlangsung selama 21 jam. Bisa dibayangkan puasa dinegara-negara skandinavia lebih lama didunia, dan ternyata umat muslim disana mampu bertahan dan sebagian umat muslim disana mengikuti waktu berbuka diarab saudi.

3. Alaska
Merupakan negara yang terletak dibagian kutub utara saat musim panas tiba matahari yang menyinarin mereka yang tinggal disana bisa mencapai 24 jam lamanya. Dan musim panas terjadi selama 6 bulan lamanya, selama itu mereka hanya melihat siang hari saja, Bayangkan bagaimana puasa di alaska.

4. Rusia
Rusia merupaka salah satu negara yang terletak dibagiab utara yang sialnya pada saat bulan maret-desember matahari berlangsung lebih lama, puasa dirusia bisa mencapai 19 jam lamanya. Dimulai waktu imsak pukul 03.15 sampai berbuka puasa pukul 21.37 dengan begini umat muslim disana harus menjalani puasa selama 19 jam lamanya.

5. Inggris
Pada tahun ini yang mana bulan ramadhan jatuh pada bulan juni yang berarti umat muslim yang berada dinegaranya ratu elizabeth harus menjalani puasa selama 17 jam 14 menit. 2,5 jam lebih cepat atau lebih beruntung dari waktu berpuasa umat muslim dirusia.

6. Amerika serikat
Negara yang dijuluki dengan negara super power atau paling sering disebut sebagai negara paman sam. Sinar matahari dinegara ini berlangsung selama 16 jam, jadi Umat muslim yang berada dinegaranya barrak obama ini harus menjalani puasa selama 16 jam lamanya dibandingkan indonesia.

7. Jepang
Jepang merupakan satu-satunya negara diasia dimana selang waktu siang hari mencapai 15 jam 37 menit, hanya beda 23 menit dibandingkan amerika. Umat muslim disana selain menjalani puasa dengan waktu yang lumayan lama juga cukup kesulitan mencari restoran yang menjual makanan halal disana.

Negara-negara diatas mempunyai waktu atau memiliki durasi puasa paling lama didunia. Namun dilain pihak disebelah bumi bagian selatan justru ada negara yang menjalani puasa tidak terlalu lama atau paling pendek didunia. Hal ini dikarenakan negara-negara dibagian selatan telah memasuki musim dingin sehingga siang harinya lebih pendek dibandingkan malam harinya.

No comments:

Post a Comment