Search This Blog

Sunday 4 June 2017

5 Menu sahur agar tubuh tidak lemas selama menjalankan ibadah puasa

Makan sahur pada bulan puasa sangat penting bagi tubuh kamu selain akan memberikan energi pada saat puasa juga akan memberikan pahala tersendiri ketika melakukannya. sayangnya menu pada saat sahur sering kali diabaikan dengan berbagi macam alasan.
Selain lemas, tubuh juga tidak bisa menjalankan aktivitasnya secara optimal sepanjang hari. Belum lagi risiko gangguan pencernaan yang mungkin terjadi dan kemungkinan paling parahnya, malnutrisi.
Lantas menu makanan apa saja yang baik bagi tubuh pada saat sahur agar puasa yang dijalankan menjadi maksimal, tubuh tetap sehat dan fit hingga waktu berbuka tiba.

 
1. Makan Karbohidrat

Pada saat sahur karbohidrat merupakan menu penting, karena karbohidrat memberikan tenaga bagi tubuh dan membuat mood menjadi lebih baik, sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Pakar gizi Emilia Achmadi, MS., RD.
Karbohidrat harus ada meskipun hanya nasi putih. kalau bisa option yang lain seperti nasi merah kalau memang hanya ada nasi putih juga tidak apa-apa asalkan balance dengan sayuran, Roti, sereal, buah juga boleh karena memiliki serat," jelas wanita yang akrab disapa Emil ini.

2. Protein

Protein juga menu sahur yang tak kalah penting sebagai cadangan energi ketika puasa. protein bisa kamu dapatkan dari mengkonsumsi ikan, ayam, telur. pada saat sahur jumlah protein harus diperbanyak agar perut terasa kenyang dan energi juga bertahan lebih lama. ketika kekurangan mengkonsumsi protein bisa mengakibatkan tubuh terasa lemas dan lesu.
"Protein membuat kenyang terasa lebih lama dibandingkan karbohidrat. Itu bantu kurangi rasa lapar," kata dokter gizi Johannes Chandrawinata, SpKG.
 
3. Buah dan Sayur

Dalam menu sahur perbanyaklah sayur dan buah seperti disarankan oleh Spesialis gizi klinis Dr. Fiastuti Witjaksono, SpKG. sayur dan buah kaya akan serat yang bisa membuat perut terasa kenyang lebih lama, selain itu sayur dan buah banyak mengandung mineral yang akan membantu kamu agar tidak kekurangan cairan.

4. Lemak

Tidak semua lemak akan membuat tubuh kamu menjadi gemuk. lemak sehati justru sangat diperlukan untuk pelepasan energi dari makanan yang dikonsumsi pada saat sahur lebih optimal. lemak juga dapat membantu membuat kamu kenyang lebih lama.
kamu bisa mendapatkan lemak sehat dari susu, kacang-kacangan atau minyak ikan. bisa juga yogurt asalkan lambung kamu dalam kondisi sehat. Dr Marya Haryono, M.Gizi, SpGK mengatakan bahwa "Yogurt mengandung nutrisi lengkap. Maka dari itu, yogurt juga bisa membantu menjaga kadar gula darah sehingga sensasi lapar berkurang,"

5. Makanan yang mengandung tinggi vitamin dan mineral

Selain air putih minuman lain dalam menu sahur harus sehat. memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral dengan jus buah segar atau buah potong itu sangat penting seperti diungkapkan oleh Dr Razeen Mahroof, ahli anestesi dari Oxford, Inggris.
Bisa juga minum minuman mengandung elektrolit, dan lebih bagusnya lagi minuman alami seperti air kelapa murni untuk mengganti cairan elektrolit yang hilang pada saat puasa

Sumber : m.detik.com

No comments:

Post a Comment