Search This Blog

Saturday 10 June 2017

Waspada 5 Dampak Negatif Bermain Hp Sebelum Tidur Malam Hari

Dizaman yang serba canggih seperti sekarang handphone atau pun smartphone merupakan barang wajib bagi setiap orang tidak peduli dimana pun yang namanya handphone selalu ada, bahkan ketika mau tidur ataupun bangun tidur hal yang paling pertama dicari adalah handphone.
Tetapi tahukah ternyata terdapat banyak bahaya ketika bermain handphone sebelum tidur.

1. Kelelahan Otak
Ketika bermain hp justru membuat setiap orang menjadi lupa akan waktu tidak peduli siang ataupun malam bahkan sampai melewati jam malam atau waktu tidur, hal inilah yang dapat memicu otak menjadi lelah yang mengakibatkan kesulitan untuk belajar maupun ketika bekerja akibat kurang tidur dan otak masih lelah untuk beraktivitas.

2. Kerusakan Mata
Hal ini merupakan kerusakan yang cukuo sering terjadi ketika karena terlalu lama menatap layar hp dan terpapar cahaya biru dari smartphone membuat retina mata menjadi tegang bahkan beberapa peneliti menyebutkan jika terlalu lama dengan kebiasaan tersebut dapat menyebabkan katarak.

3. Obesitas
Salah satu faktor pemicu terjadinya obesitas dikarenakan kurangnya tidur yang menyebabkan tergganggunya hormon lain yang mengendalikan rasa lapar. semakin sering terjaga hingga larut malam dikarenakan bermain hp maka hormon yang mengendalikan rasa lapar akan berupaya untuk memberikan sinyal untuk menambah energi dengan cara rasa lapar.Hal ini berkaitan dengan seringnya makan di jam yang sudah larut malam hingga menyebabkan resiko obesitas.

4. Gangguan Saraf
Kebisaan begadang akibat keseringan main hp hingga larut malam akan membuat neurotoksin meningkat. hal inilah yang mengakibatkan kamu kurang mendapatkan tidur yang nyenyak atau istirahat yang cukup.

5.Depresi
Melatonin merupakan hormon yang diproduksi oleh tubuh untuk memberikan tidur yang nyenyak. akan tetapi ketika melatonin terganggu akan mengakibatkan kamu kurang tidur, Bahaya bermain hp sebelum tidur ini tentunya dapat menyebabkan depresi jika terlalu sering kurang tidur.

No comments:

Post a Comment