Search This Blog

Friday 2 June 2017

Hati-hati bagi yang memiliki lingkaran pinggang lebih dari 10cm ternyata meningkatkan resiko penyakit kanker

Banyak dari kita tidak tahu bahwa memiliki lemak yang berlebih disekitar pinggang merupakan kabar buruk bagi kesehatan tubuh kita terutama pada jantung, namun dibalik itu ternyata ada resiko lain yang tak kalah serius menanti orang-orang yang memiliki lemak disekitar pinggang yaitu resiko terkena kanker demikian hasil analisa yang dimuat di British Journal of Cancer.
Hal ini didapatkan setelah mempelajari data-data dari tujuh penelitian yang terpisah yang melibatkan 43 ribu orang sebagai subjek penelitian, dari situ didapatkan bahwa peneliti menyimpulkan bahwa orang dengan ukuran pinggang sekitar 10cm diatas rata-rata  (yakni 91,5 cm baik pria maupun wanita), 13 persen lebih mungkin terkena kanker yang terkait kegemukan 12 tahun kemudian.
Adapun jenis kanker yang terkait dengan kegemukan antara lain kanker usus besar, esophagus, perut atas, hati, ginjal dan kantung empedu.
Peningkatan risiko kanker jenis tersebut terjadi saat lingkar pinggang mencapai 101 cm, ungkap pimpinan riset Heinz Freisling, Ph.D. penelitian ini bertujuan memberikan pemahaman lebih bagaimana bentuk tubuh mempengaruhi resiko terkena kanker, ujar Freisling.
Inilah alasan mengapa lingkaran pinggang menjadi hal yang perlu diperhatikan, menurut penelitian bagian ini merupakan penanda pusat kegemukan dan menunjukan berapa banyak lemak yang menggantung disekitar perut Jenis lemak di sini tergolong sebagai lemak yang membahayakan.
Jika terdapat lemak yang berlebihan bisa memicu kanker lewat berbagai cara. salah satunya ia bisa menyebabkan kenaikan insulin serta memicu inflamasi rendah yang lama kelamaan berujung pada kanker.

No comments:

Post a Comment