Search This Blog

Saturday 10 June 2017

Hati-Hati 6 Bahaya Yang Didapatkan Ketika Minum Air Putih Sambil Berdiri

Minum air putih cukup setiap hari memang sangat diperlukan bagi kesehatan tubuh, tapi bukan hanya mengkonsumsi air putih saja yang patut diperhatikan tapi juga bagaimana cara minum air yang baik bagi tubuh.
Hal yang patut diperhatikan adalah ketika minum air yang sangat dianjurkan bagi kesehatan tubuh yaitu dengan posisi duduk, tapi banyak dari kita yang mengabaikan, malahan yang paling sering dilakukan yaitu minum dengan posisi berdiri yang ternyata mempunyai sejumlah masalah kesehatan bagi tubuh.
Alasanya dikarenakan ketika duduk saraf tubuh dalam keadaan tenang dan siap untuk menerima air yang masuk kedalam tubuh dari berbagai jenis air yang berbeda.
Berikut beberapa penyakit yang dapat terjadi akibat minum sambil berdiri

1. Resiko terkena Arthritis

Penyakit ini dapat muncul dikarenakan terganggunya keseimbangan cairan dalam tubuh yang tersalurkan sampai bagian sendi, hal ini dapat memicu terjadinya peradangan pada sendi. selain terjadinya peradangan penyakit ini juga dapat menyebabkan kaku sehingga terjadi pembengkakan pada sendi. penyakit ini dapat menyulitkan penderitanya ketika bergerak.

2. Mengganggu sistem pencernaan

Jika terlalu sering minum dengan posisi berdiri hal ini dapat mengganggu sistem pencernaan dan yang paling besar dampaknya diderita oleh lambung. (Gastroesophageal Reflux Disease) GERD atau bisa disebut naiknya asam lambung terjadi karena tekanan air yang diminum saat berdiri mengejutkan bagian saluran (sphincter) yang menuju ke lambung.
Hal ini mengakibatkan tercampurnya asam dalam lambung naik ke arah sebaliknya sehingga memberikan sensasi panas pada bagian perut.
Cipratan air ini juga dapat mengakibatkan sistem pencernaan mengalami kerusakan dalam jangka panjang karena merusak dinding perut dan saluran pencernaan.

3. Merusak Ginjal

Minum sambil berdiri dapat berbahaya bagi ginjal dikarenakan proses penyaringan yang terjadi diginjal menjadi tidak sempurna. bahkan kotoran bisa menumpuk diginjal dan kandung kemih yang bisa mengakibatkan terganggunya saluran kemih.

4. Menyebabkan Ulser dan Heartburn

Ketika minum air sambil berdiri air akan mengalir dan menciprat kearah kerongkongan bagian bawah dengan keras. hal ini dapat mengganggu sfingter (kumpulan serabut otot yang berbentuk seperti cincin yang bekerja untuk menutup jalur atau pembukaan alamiah pada tubuh) dan bisa menimbulkan sensasi terbakar di kerongkongan karena zat asam di perut naik ke atas.

5. Mengakibatkan saraf menjadi tegang

Hal buruk lainnya yang didapt ketika minum sambil berdiri adalah tegangnya urat saraf. ketika berdiri saraf simpatis aktif untuk menahan semua otot dan menjaga keseimbangan, namun ketika duduk dapat mengaktifkan saraf parasimpatik yang menenangkan pikiran dan melancarkan atau meringankan proses perncernaan.

6. Tidak bisa mengencerkan kadar asam didalam tubuh

Ketika minum air memang sebaiknya diminum sedikit dan perlahan-lahan sambil duduk. dengan begitu air bisa membantu mengencerkan kadar asam dalam tubuh yang disesuaikan dengan kadar air yang dikonsumsi oleh tubuh. jadi ketika berdiri maka akan mengganggu proses pengenceran kadar asam dalam tubuh.

No comments:

Post a Comment