Search This Blog

Saturday 3 June 2017

5 Waktu yang tepat dalam mengkonsumsi air putih bagi kesehatan tubuh

Mengkonsumsi air putih merupakan kebutuhan dasar yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia, tanpa mengkonsumsi air manusia tidak akan bertahan lama dalam kehidupan. karena sebegitu pentingnya air bagi kehidupan kita harus mengetahui moment/waktu yang terbaik ketika akan mengkonsumsi air putih.
berikut waktu yang terbaik ketika akan minum air putih.

1. Setelah bangun tidur

Ketika bangun tidur tubuh kita akan mengalami kekurangan cairan/dehidrasi. berapa banyak pun mengkonsumsi air putih dihari sebelumnya tidak akan berguna jadi kita harus mengisi ulang tubuh kita dengan cairan. minumlah setidaknya 2 gelas air putih pada saat bangun tidur hal ini difungsikan untuk membantu organ-organ tubuh internal agar lebih aktif setelah istirahat, selain itu juga dapat membakar metabolisme dan membuang racun yang terdapat dalam tubuh.

2. Minum satu gelas air sebelum mandi

Minumlah satu gelas air putih hangat dikarenakan  ketika dikombinasikan dengan air saat mandi akan dapat melebarkan pembuluh darah sehingga menyebabkan tekanan darah turun. air putih yang kita minum sebelum mandi dapat mencairkan tingkat natrium tubuh sehingga dapat menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

3. Minum satu gelas setengah jam sebelum makan

Setengah jam sebelum makan mengkonsumsi air putih merupakan waktu yang tepat karena dapat memperlancar pencernaan agar bekerja lebih baik. sementara itu minum air putih selama atau tepat sebelum makan dapat melemahkan cairan pencernaan dan membuatnya bekerja kurang efektif. jangan terlalu banyak mengkonsumsi air pada saat makan justru dapat merusak pencernaan karena dapat menggangu kadar alami
asam dan empedu yang diperlukan dalam perut untuk mencerna makanan.

4. Minum satu gelas air 15-30 menit setelah makan

Minum air putih 15-30 menit setelah makan akan membantu dan memperlancar proses pencernaan makanan. jika anda ingin minum setelah makan maka disarankan hanya minum satu atau dua teguk saja sebagai penghilang rasa haus.

5. Sebelum tidur

Minumlah segelas air sebelum anda tidur, hal ini sangat bermanfaat untuk keseimbangan tubuh saat istirahat dan menghindari serangan stroke non hemoragic atau serangan jantung.

No comments:

Post a Comment