Search This Blog

Thursday 8 June 2017

5 Tempat Dimana Hukum Gravitasi Newton Tidak Berlaku Sama Sekali


Alam semesta masih menyimpan segudang misteri yang menarik dan masih belum bisa diungkap, salah satu yang sangat menarik perhatian adalah gravitasi. sejak ditemukannya konsep gravitasi oleh newton (1643-1727) yang menyatakan bahwa setiap benda akan selalu mempunyai daya tarik menarik dengan benda lain.
Tapi ternyata terdapat beberapa tempat didunia yang tidak terpengaruh sama sekali dengan hukum gravitasi yang diungkapkan oleh newton.

1. Mystery Spot, Santa cruz, California
Tempat yang terletak didalam sebuah hutan dan sering disebut sebagai mystery spot ini mempunyai keanehan dimana tidak berlakunya gaya gravitasi didaerah ini. ditemukan pertama kali pada tahun 1939 oleh bebrapa penjelajah dan dibuka untuk umum pada tahun 1940. apabila anda berkunjung kearea berbentuk lingkaran dengan luas 45 meter ini, pengunjung akan dibuat binggung sekaligus terkejut karena ditempat tersebut tubuh akan terasa lebih ringan sehingga penggunjung akan bisa berjalan miring ditembok.
Ketika penggunjung mengelindingkan sebuah bola maka bola tersebut bukannya turun justru yang terjadi malah sebaliknya. bukan hanya itu pohon yang tumbuh didaerah ini bukannya berdiri tegak melainkan miring.

2. Spook Hill, Florida
Sebuah wilayah berbukit di lake wales, florida dimana ketika anda mematikan mesin kendaraan dibawah bukit maka kendaraan tersebut akan pelan-pelan meluncur naik keatas bukit, sebagian orang menggap bukit ini banyak mengandung besi magnet yang tinggi sehingga bisa menarik mobil, akan tetapi dengan berjalan kaki orang juga dapat merasakan sesuatu menarik mereka keatas sehingga membutuhkan energi yang lebih untuk menuruni bukit ketimbang menaikinya.
Fenomena ini pertama kali ditemukan oleh warga kulit hitam yang akan memancing didanau disekitar tempat itu. ketika hendak memarkirkan kendaraannya di bawah bukit tiba-tiba mobilnya mundur ke atas bukit.

3. St. Ignace mystery spot, michigan
Tempat yang ditemukan oleh para peneliti yang mendapati peralatan mereka tiba-tiba berhenti berfungsi pada tahun 1950. setelah meneliti beberapa kali ternyata didapatkan bahwa fenomena ini hanya terjadi pada area seluas kurang lebih 91 meter yang kemudian disebut sebagai St. Ignace Mystery Spot.
hingga akhirnya menjadi tempat wisata bertahun-tahun kemudian yang ingin merasakan pengalaman aneh dimana gravitasi bumi sepertinya tidak berfungsi. selain itu orang yang bertubuh tinggi akan terlihat lebih pendek diluar area serta apabila terlalu lama berada di sana orang akan merasakan pusing.
Sekarang di tempat ini juga dibangun sebuah padang golf mini dimana seorang Tiger Wood sekalipun akan kesulitan memasukkan bola ke dalam hole karena bola akan selalu bergulir melenceng.

4. House of mystery, Oregon Vortex
Tempat yang berbentuk lingkaran ini selain gaya gravitasi bumi yang tidak berjalan sebagaimana mestinya juga terdapat fenomena lain. yaitu entah kenapa tidak ada hewan yang mau mendekati area tersebut, ketika anda membawa hewan seperti kuda atau binatang lain kedalam area tersebut bisa dipastikan maka hewan tersebut akan merasa panik dan kabur. sehingga pada masa lalu suku indian menyebut tempat ini sebagai tempat terlarang.
Sama seperti mystery spot yang lain, Oregon Vortex juga diyakini didesain khusus agar menyebabkan ilusi optik. Masalahnya adalah, tempat ini sudah ada sejak tahun 1914 dan di masa itu rasanya pengetahuan tentang ilusi optik belumlah secanggih sekarang.

5. Cosmos Mystery area, South Dakota
Ketika anda berada ditempat ini anda tidak saja bisa melihat optik tinggi badan seseorang yang sekilas nampak berubah, akan tetapi pohon-pohon yang tumbuh miring kearah tertentu dan sungai yang mengalir keatas.
Sebuah bola yang dilemparkan ke atas tiba-tiba akan melenceng jatuhnya, atau seseorang bisa duduk di sebuah kursi yang hanya memiliki dua kaki dan lain-lain.
Tempat ini ditemukan pertama kali oleh dua orang mahasiswa yang tidak sengaja pada tahun 1952 yang sedang mencari tempat kemping. ketika mereka berada ditempat tersebut mereka tiba-tiba merasa pusing dan tubuh terasa ringan. Karena penasaran, akhirnya mereka mencoba meneliti tempat tersebut dan mendirikan sebuah kabin di atasnya. Tempat itu hingga sekarang dikenal sebagai Cosmos Mystery Area.

No comments:

Post a Comment