Search This Blog

Tuesday 13 June 2017

Ternyata Inilah Bahaya Yang Akan Didapat Ketika Meniup Makanan Saat Panas

Pernyataan mengenai bahaya meniup makanan panas sudah banyak dibahas, dan ternyata juga ada hadist nabi muhammad SAW mengenai larangan meniup makanan selagi panas yang ada dalam wadah.
Semakin berkembangnya teknologi saint pada saat sekarang akhirnya sedikit demi sedikit mulai terkuak kenapa saat makan panas dilarang untuk meniup makanan tersebut. alasannya ternyata meniup makanan dalam keadaan panas dapat membahayakan kesehatan tubuh.

1. Asam Karbonat
Asam karbonat atau H2CO3 adalah senyawa kimia yang terdapat didalam tubuh yang berfungsi sebagai pengatur kadar keasaman darah. semakin tinggi kadar asam dalam darah maka akan semakin asam darah dalam tubuh akan menyebabkan suatu kondisi asidosis yang mana asidosis sangat berbahaya bagi tubuh yang dapat menyebabkan gangguan jantungan ditandai dengan napas menjadi lebih cepat, sesak, pusing karena tubuh berusaha menyeimbangkan kadar ph darah.
Hubungannya dengan meniup makanan adalah ketika seseorang bernafas ataupun meniup nafas maka akan mengeluarkan senyawa CO2 (karbondioksida). karbodioksida ini pada dasarnya tidak boleh bersentuhan dengan air, karena jika bersentuhan dengan air yang memiliki susunan kimia H20 akan membentuk senyawa asam karbonat yang berbahaya bagi tubuh.
intinya senyawa CO2 tidak boleh besentuhan dengan senyawa H2O karena akan menghasilkan senyawa asam karbonat didalam tubuh menjadi meningkat.

2. H. Pylori
Bakteri H. Pylori adalah bakteri yang menyebabkan gangguan lambung mulai dari luka kecil hingga membesar menjadi tukak lambung. bakteri ini juga mempunyai peranan penting kenapa sangat dilarang meniup makanan ketika panas.
Yang paling mengerikan ternyata bakteri ini sangat mudah menyebar melalui pernafasan, akan sabgat berbahaya ketika orang yang memiliki gangguan lambung atau secara tak sadar memiliki gangguan lambung akan sangat mudah menularkan penyakit ini keorang lain ataupun keluarganya.

3. Mikroorganisme
Pernafasan merupakan jalan keluar utama bagi semua mikroorganisme, virus maupun bakteri untuk menyebar dan menular keorang lain. contohnya virus TBC akan sangat mudah menular menular melalui droplet dan pernafasan yang intens karena kebanyakan suspect TBC banyak yang tidak menyadari kalo dia mengidap virus ini.

4. Partikel Berbahaya
Partikel berbahaya yang terdapat didalam mulut yaitu sisa-sisa makanan dalam mulut akan membusuk sehingga akan menyebabkan bau mulut tidak sedap. Bau ini akan menempel diair minum ketika kita meniup air atau makanan selagi panas.

 

No comments:

Post a Comment