Search This Blog

Friday 2 June 2017

inilah 7 peringkat cabai paling pedas didunia, bagi penggemar makanan pedas

Semua orang pasti kenal dan familiar dengan tanaman cabe, dinegara kita khususnya cabe sudah jadi makanan sehari-hari, cabe yang paling banyak dikonsumsi masyarakat kita adalah jenis cabe rawit dan cabe merah keriting.
Dan ternyata cabe rawit yang terkenal akan sebutan kecil-kecil cabe rawit masih kalah pedas dengan beberapa jenis cabe yang ada  didunia, jika diukur kepedasaanya berdasarkan skala pedas Scoville atau SHU (Scoville Heat Unit).
Berikut beberapa jenis cabe terpedas didunia

1. Dragon's Breath.


Jenis cabe yang baru-baru ini dinobatkan sebagai cabe terpedas didunia, bukan hanya super pedas tapi cabe jenis ini bahkan dapat membunuh atau mematikan bagi pengkonsumsinya. Cabe ini memiliki rekor tingkat kepedasaan dengan skor 2,48 juta pada skala scoville.
Para ahli meyakini bahwa mencoba mengunyah cabai ini bisa berisiko meninggal akibat syok anafilaksis.
Cabe ini katanya juga bisa dimanfaatkan sebagai obat bius, bahkan minyak cabe ini dipercaya bisa membuat kulit mati rasa.

2. Carolina reaper


Cabe yang sebelumnya menduduki peringkat pertama didunia dengan tingkat kepedasaan berkisar 1,5 - 2,2 juta SHU. Cabe yang masuk Guinness World Record pada tahun 2013 memqng sebagai cabe terpedas sampai saat ini dikarenakan cabe dragon's breath belum masuk buku rekor dunia.
Cabe ini Pertama kali dikembangkan oleh Ed Currie, pemilik perusahaan PuckerButt Pepper Company

3. Trinidad Moruga Scorpion.
Cabe dengan tingkat kepedasaan sebesar 1,2-2,2 juta SHU, cabe ini merupakan cabe asli daerah Moruga, Trinidad and Tobago.
Pada tahun 2012 Universitas New Mexico State meneliti bahwa cabe ini adalah cabe terpedas didunia saat itu. Sebelum akhirnya digeser dengan cabe Carolina Reaper.

4. 7 Pot Douglah.

Cabe dengan tingkat kepedasan sebesar 1,8 juta SHU. Cabai ini memiliki karakteristik berwarna coklat gelap atau ungu gelap dengan permukaan kulit yang terlihat kasar. Warnanya dan teksturnya agak aneh memang, tidak seperti pada lazimnya cabai. Namun pada saat belum matang, cabai ini berwarna hijau layaknya sebuah cabai. Selain itu yang menjadi keunikan cabai ini adalah saat kamu ‘membedah’ bagian dalamnya, sebuah cairan ekstrak kapsaisin akan langsung keluar dari dalam cabai ini. Nah cairan itulah yang membuat cabai ini memiliki rasa pedas yang ‘stres’ banget!

5. 7 Pot Primo
Cabe yang memiliki tingkat kepedasaan sebesar 1,4 juta SHU. Cabe yang masih keluarga 7 pot ini dari segi fisik cabe ini memiliki ciri khas dimana mempunyai ekor yang sangat kurus.
Jenis cabe ini dibuat oleh Troy Primeaux, cabe jenis ini tergolong sulit untuk mendapatkan bibitnya.

6. Trinidad Scorpion.
Cabe ini sering juga disebut dengan Butch T yang memiliki nilai kepedasaan sebesar 500rb-1,4 juta SHU. Cabe yang berasal dari trinidad ini pernah masuk Guinness World Record pada tahun 2011, Butch T dikembangkan oleh Butch Taylor di mississippi dan menarikinya lagi cabe ini dinamakan scorpion karena bentuknya mirip dengan ekor kalajengking.

7. Naga Viper
Cabe ini merupakan perkawinan dari cabe naga morich cabai Bhut Jolokia dan Trinidad Scorpion. Cabe ini memiliki kepedasaan sebesar 1,3 juta SHU, Cabai hibrida ini disilangkan oleh petani cabai Inggris bernama Gerald Fowler dari The Chilli Pepper Company.

8. Bhut Jolokia/Ghost Pepper
Cabe yang mempunyai tingkat kepedasaan sebesar 855rb-1,041 juta SHU. Bhut Jolokia merupakan cabai pertama di dunia yang memiliki kadar kapsaisin diatas 1 juta scoville.
Hati-hati terhadap cabe ini karena bisa membuat orang dewasa K.O, cabe ini 400 kali lipat lebih pedas dari pada saos tabasco.

No comments:

Post a Comment