Search This Blog

Saturday 3 June 2017

Terungkap bahwa 6 Fakta salah yang selama ini kita anggap benar ternyata salah

Seiring dengan berkembangnya zaman dan majunya dunia teknologi, ternyata sangat berdampak besar pada ditemukanya sejumlah fakta baru yang menyanggah fakta-fakta lama. hal ini disebabkan bukan hanya teknologi yang semakin maju melainkan juga dunia ilmu pengetahuan yang berjalan dinamis dengan teknologi yang serba canggih seperti sekarang.
Banyak fakta salah yang dulunya kita anggap fakta ilmiah, namun sekarang fakta-fakta tersebut memang terbukti tidak benar, berikut beberapa fakta salah yang dianggap ilmiah :

1. Manusia mempunyai 5 indera

Dari masa kita duduk dibangku sekolah kita selalu diajarkan tentang manusia yang mempunyai 5 sistem panca, indera pendengaran (audioception), penglihatan (ophthalmoception), penciuman (olfacoception), peraba (tactioception) dan pengecap (gustaoception), tetapi apa yang diajarkan dulu yang merujuk pada klarifikasi manusia berdasarkan versi Aristoteles ternyata tidak relevan lagi pada abad 21 ini.
Sesungguhnya selain dari 5 indera tersebut ternyata manusia mempunyai beberapa indera lagi, antara lain indera kinestetik (proprioception), temperatur (thermoception), rasa sakit (nociception), keseimbangan (equilibrioception), getaran (mechanoreception) dan lain-lain.

2. Fakta bahwa vitamin C dapat membantu mencegah flu
Banyak orang mengira bahwa dengan banyak mengkonsumsi vitamin C akan dapat membantu mencegah penyakit flu, namun hal ini ternyata tidak akan membuat kamu sembuh dari penyakit flu, faktanya bahwa vitamin c tidak akan mempengaruhi kamu ketika terkena flu.
Namun sejatinya vitamin C hanya berfungsi untuk mengurangi gejala-gejala penyakit flu, tetapi kebanyakan orang selalu berlebihan dalam mengkonsumsi vitamin C perhari yang mana tubuh hanya memerlukan 500mg vit C perharinya, jadi ketika orang mengkonsumsi vit C berlebihan akan mengakibatkan kamu diare.

3. Ada 3 macam wujud zat
Selama kita hanya tahu bahwa wujud zat cuma hanya ada 3 macam, yaitu padat, cair dan gas. Pelajaran fisika ini tidak sepenuhnya benar, karena seharusnya ada 4 macam jika ditambah plasma. Itu pun hanya wujud dasar yang bisa kita amati dalam kehidupan sehari-hari. Masih ada beberapa wujud zat lain misalnya Bose-Einstein condensates, neutron-degenerate matter dan lain-lain.

4. Bagian lidah mempengaruhi perbedaaan rasa makanan
Dari dulu kita belajar bahwa setiap bagian-bagian dari lidah memberikan sensasi rasa yang berbeda-beda, kenyataannya bahwa ketika hal tersebut tidak mempengaruhi rasa pada saat kita makan, yang sejatinya rasa berasal dari seluruh bagian lidah, beda bagian lidah tidak memberikan rasa yang berbeda-beda tetapi memberikan rasa yang sama ketika kita makan.

5. Ada 9 planet ditata surya
Ketika duduk dibangku sekolah dasar kita diajarkan bahwa ada 9 planet yang mengitari matahari ditata surya kita dimulai dari merkurius sampai pluto. dan kenyataannya pluto bukan merupakan planet yang kita kenal selama ini jadi disistem tata surya kita hanya ada 8 planet tanpa pluto.
Menurut definisi IAU (International Astronomical Union) pada tahun 2006, sebuah benda angkasa bisa disebut planet jika memenuhi syarat-syarat sebagai berikut : 1) mengorbit matahari; 2) mempunyai massa yang cukup untuk mendapatkan bentuk bulat; dan 3) lingkungan sekitar orbitnya bersih dari benda-benda angkasa lain. Dan Pluto tidak memenuhi syarat yang ketiga.

6. Fakta bahwa manusia cendrung menggunakan salah satu bagian dari otaknya
Banyak yang mengira bahwa tingkat intelenjisi, kreativitas, daya analisa hanya dipengaruhi oleh salah satu bagian otak kiri maupun bagian otak kanan, ketika seseorang lebih dominan memakai otak bagian kiri maka orang tersebut cendrung lebih hebat dalam hal analisis dan berhitung, sementara bagian otak kanan yang mengatur tingkat kreativitas seseorang.
faktanya adalah tingkat kreativitas serta daya analisi seseorang tidak dipengaruhi oleh penggunaan yang dominan antara bagian otak kanan dan otak kiri. kreativitas dan daya analisi berasal dari kedua bagian sisi otak.

No comments:

Post a Comment