Search This Blog

Friday 2 June 2017

Bahaya yang menanti ketika langsung merokok pada saat berbuka

Banyak perokok aktif yang mengakui bahwa lebih susah menahan keinginan merokok ketimbang haus dan lapar, selama bulan ramadhan bagi para perokok biasnya ketika waktu berbuka hal pertama yang paling sering dilakukan setelah minum adalah merokok.
Sebenarnya kebanyakan merekan tidak tahu bahwa merokok pada saat berbuka mempunyai efek yang buruk bagi kesehatan.
Hal ini diungkapkan oleh dr.Agus Dwi Susanto, spesialis paru dari RS.Persahabatan Jakarta mengatakan bahwa saat berpuasa kita tidak makan dan minum dalam belasan jam pada saat itu perut kosong tidak ada nutrisi yang masuk. tetapi ketika buka puasa sebentar langsung merokok tu berarti yang kita masukan pertama ke dalam tubuh adalah zat-zat beracun.
dr ZulHilmiYaakob Bach,Med,Sci, MBBS (Aust), MMED(UM) Dokter spesialis jantung di KPJ Tawakkal Specialist Hospital Kuala Lumpur, Malaysia mengatakan bahwa “merokok saat berbuka puasa sangatlah berbahaya, karena kepulan asap rokok yang dihirup saat perut kosong dalam jangka waktu lama, dapat memicu gejala kontraksi kardiovaskular serius.” Beliau lalu melanjutkan, tubuh membutuhkan lebih banyak oksigen, cairan dan glukosa setelah berpuasa selama seharian. Jika Anda langsung merokok sesaat setelah berbuka puasa, maka rokok akan menghambat aliran oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga akan menyebabkan terjadinya kontraksi pada pembuluh darah, sehingga hal tersebut akan memicu terjadinya serangan jantung.
Selain itu Tubuh seseorang yang berpuasa sedang sangat membutuhkan cairan, glukosa, dan oksigen. Merokok pada kondisi tubuh seperti ini bisa berujung pada kontraksi pembuluh darah. Hal ini bisa mencegah oksigen mengalir dalam tubuh
Zat-zat yang terdapat didalam asap rokok terutama yang bersifat akut seperti nikotin dan karbonmonksida.
Efek nikotin akan langsung masuk ke otak karena ada reseptornya. Jika kita memasukkan nikotin dalam jumlah banyak pada waktu singkat akan timbul rasa mual dan sakit kepala,Sementara itu, karbon monoksida merupakan zat beracun yang mengikat hemoglobin darah 300 kali lebih kuat dibanding oksigen. Menurut dr.Agus, akibatnya adalah sirkulasi karbon monoksida dalam sirkulasi sangat banyak. Tubuh pun bisa kekurangan oksigen dan terasa pusing.
Selain itu kebiasaan merokok saat berbuka juga lebih gampang memicu batuk akibat iritasi saluran napas.
Kita tidak minum sehingga hidrasi kurang dan tenggorokan kering. Iritasi saluran napas lebih gampang jika kita merokok.



 

No comments:

Post a Comment