Search This Blog

Saturday 13 May 2017

4 orang terkenal didunia yang berhasil melakukan kebohongan terbesar sepanjang sejarah

tidak menutup kemungkinan bahwa setiap individu yang berakal didunia pasti pernah melakukan perbuatan bohong entah itu dengan teman maupun dengan keluarganya sendiri. bahkan sebagian orang bohong sudah menjadi rutinitas sehari-hari, bahkan hampir semua yang ada diinternet kebanyakan bohong belaka.
tapi apa jadinya jika yang berbohong merupakan orang yang terkenal yang bahkan kebohongannya bukan isapan jempol semata tapi dapat membuat dunia percaya akan kebohongannya tersebut, atau seperti yang Joseph Goebbels --pakar propaganda Nazi Jerman-- katakan, 'dusta yang terus menerus diulang akan jadi sebuah kebenaran'.
berikut adalah beberapa kebohongan yang diciptakan beberapa orang terkemuka didunia :

1. Benjamin Franklin


benjamin merupakan salah satu presiden amerika yang terkenal akan kutipannya yaitu, "separuh kebenaran terkadang merupakan kebohongan terbaik." Dan ternyata, kata-kata itu diduga turut dijadikan motto hidup bagi Benjamin Franklin.
diduga kebohongan yang dilakukan oleh benjamin franklin adalah dia mengatakan bahwa dirinya dapat memahami petir hanya dengan bereksperimen dengan menggunakan layang-layang. Karena, menurut sejumah ilmuwan, tindakan yang dilakukan oleh Franklin merupakan sebuah keniscayaan dari segi ilmu pengetahuan.
dan ternyata bukan cuma itu kebohongan yang dilakukan oleh benjamin farnklin, kebohongan franklin yang berikutnya berhubungan dengan dunia jurnalis Pada 1782, ia memproduksi sebuah koran palsu dengan berita yang berisi tentang penemuan kulit kepala di pemukiman Indian-Amerika.
Tujuan Franklin membuat koran palsu itu hanya untuk kelakar pribadi semata dan menyebar ketakutan bagi kalangan penduduk Indian. Tak dinyana, sang bapak bangsa AS itu berhasil.

2. Bill Clinton


Presiden ke-42 AS itu ditudingahli di bidang dusta dan isapan jempol. Keahlian Bill Clinton untuk melakukan kebohongan terjadi saat dirinya dilanda skandal perselingkuhan dengan Monica Lewinsky.
Selama dua tahun, suami Hillary Clinton itu menjalin asmara gelap dengan Monica Lewinsky. Dan selama itu pula, sang presiden mampu menutupi perselingkuhannya dengan membohongi sejumlah pihak, termasuk istrinya.
Hingga pada tahun 1998, Linda Tripp, teman baik Lewinsky, merekam obrolannya dengan kekasih gelap Bill Clinton itu. Rekaman itu pun ia bocorkan ke publik untuk mengungkap salah satu skandal moral memalukan bagi riwayat kepresidenan AS.
Setelah rekaman dan skandal perselingkuhan itu mencuat ke permukaan publik, Bill Clinton tak mampu mengelak.

3. Paus Alexander VI
merupakan salah satu pemimpin tertinggi gereja katolik yang berada divatikan yang mempunyai motto 'tujuan akhir menjadi justifikasi maksud kebohongan'. Dan ternyata, sang Paus sangat mendalami motto itu. pria yang mempunyai nama lengkap rodrigo de borja yang sebelum diangkat menjadi paus divatikan dirinya telah dirundung skandal  memiliki empat orang anak hasil dari hubungan gelapnya dengan Vanozza dei Cattanei. Ia menyangkal telah menjadi ayah dari ke-empat anak tersebut dengan melakukan sejumlah kebohongan.
Pada 1492, ketika dirinya diangkat menjadi pemimpin tertinggi Gereja Vatikan, de Borja terpaksa mengakui status sebagai ayah dari keempat anak hasil hubungannya dengan dei Cattenei.
Tak hanya itu, sejak ia diangkat sebagai Paus, de Borja juga dituding menjalin hubungan gelap dengan sejumlah perempuan lain yang menghasilkan 5 orang anak

4. Robert Ripley
Pria yang terkenal sebagai pelopor serial televisi Ripley's Believe It or Not itu sangat menghayati kebohongan hingga ke urat nadinya.
Kelihaiannya dalam memfabrikasi kisah isapan jempol membuatnya mampu mengkreasikan tayangan televisi yang cukup populer di Amerika Serikat tersebut.
Ripley mengklaim dirinya sebagai penemu dan penjelajah seluk beluk dunia unik. Selama perjalanannya menjelajahi beberapa sudut Bumi, ia kerap mengklaim menemukan sejumlah hal atau fenomena absurd yang sulit diterima oleh akal sehat.
namun menurut Vanity Fair, sejumlah temuan Ripley hanyalah kisah palsu yang difabrikasi atau hoax semata. Beberapa kisah atau fenomena seperti, manusia bertanduk, atlet golf tanpa tangan, perempuan berlidah garpu, dll, merupakan sebuah kisah isapan jempol.
Meski begitu, serial televisi hingga wahana wisata berbasis pengalaman Ripley menemukan hal absurd, tetap laris manis di Negeri Paman Sam. 
sumber referensi :

No comments:

Post a Comment