Search This Blog

Saturday 13 May 2017

Hindari 5 bahaya ketika terlalu sering mengkonsumsi air es

Bagi kita yang hidup didaerah dengan iklim tropis mengkonsumsi air es sudah menjadi kebiasaan apalagi pada saat panas terik matahari yang menyengat opsi satu-satunya yang banyak diambil adalah dengan mengkonsumsi air es atau air dingin, bahkan bukan cuma karena cuaca lagi panas kadang kala selesai olahraga orang pada cendrung lebih memilih air dingin atau es dari pada air biasa.
Ternyata kebiasaan mengkonsumi air es atau air dingin merupakan kebiasaan jelek yang mesti dihindari karena hal ini berkaitan dengan masalah kesehatan yang didapat apabila terlalu sering mengkonsumsi air es.

1. Menyebabkan rasa haus berlebih

Selama ini mengkonsumsi air es untuk menghilangkan rasa haus ternyata hal yang salah, dengan mengkonsumsi air es bukannya menghilangkan rasa haus tetapi malah menyebabkan rasa haus akan lebih terasa lagi.
Hal ini terjadi karena air dingin akan menyebabkan  tubuh lebih cepat kehilangan cairan. Rasa haus adalah indikator bahwa tubuh kita kekurangan cairan yang harus segera kita penuhi, dengan cara menggantinya dengan minum air suhu kamar biasa.

2. Pembekuan pada otak

Menurunnya suhu secara mendadak pada tubuh yang disebabkan karena mengkonsumsi air es bisa menyebabkan fungsi fisiologis terganggu, Hal ini lah yang menyebabkan pusing atau migran.
Air dingin atau air es ternyata dapat memicu meningkatnya aliran darah menuju otak inilah yang akan menyebabkan rasa pusing pada saat mengkonsumsi air es.

3. Menurunnya detak jantung

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa minum air es bisa merangsang saraf vagus. Saraf ini sangat penting untuk mengontrol aktifitas tak sadar rubuh seperti detak jantung. Kinerja saraf ini akan terganggu saat minum air es, sehingga menyebabkan detak jantung menjadi lebih pelan.

4. Memicu terjadinya radang tenggorokan

Mengkonsumsi air es merupakan penyebab utama terjadinya radang tenggorokan dikarenakan pada saat mengkonsumsi air es menimbulkan lendir pada lapisan kerongkongan hal ini tentu akan berdampak pada saluran tenggorokan yang akan lebih mudah dan rentan terkena infeksi dan radang.

5. Kehilangan nutrisi tubuh

Normalnya, temperatur tubuh manusia berada di kisaran 36 - 37 'C. Namun saat kita mengonsumsi air yang terlalu dingin membuat tubuh harus menggunakan lebih banyak energi untuk mengatur dan membuat suhu tubuh normal kembali.
Padahal energi tersebut sangat dibutuhkan tubuh untuk menyerap nutrisi dan mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh. Saat minum air es, energi yang sudah terkuras, tubuh tidak akan bisa menyerap nutrisi lagi secara maksimal.

No comments:

Post a Comment