Search This Blog

Monday 8 May 2017

Awas dampak negatif terkena 5 Penyakit ini ketika kebanyakan begadang


Salah satu kebiasaan buruk yang paling sering dilakukan masyarakat adalah begadang. Kebiasaan ini sudah lumrah dilakukan oleh setiap lapisan mayarakat dari yang muda sampai yang tua bahkan tidak ketinggalan kaum hawa pun sering begadang entah itu dikarenakan pekerjaan yang sistem shift atau karena memang sengaja.
Begadang bukan cuma hanya mempengaruhi gangguan tidur tapi juga dapat menyebabkan penyakit berbahaya.
1. Hipertensi
Penyakit yang paling banyak diderita masyarakat dan salah satu penyebabnya adalah karena begadang. Seseorang yang tidurnya hanya 5 jam bahkan kurang dapat beresiko terkena hipertensi dua kali lipat dibandingkan mereka yang tidur 7-8 jam dan sudah pernah dilakukan penelitian di columbia university tahun 2006.
2. Stroke
penyakit yang diderita setelah hipertensi yaitu stroke yang disebabkan pecahnya pembuluh darah diotak yang menyebabkan lumpuh total atau sebagaian dari tubuh.
Dikarenakan kurang tidur dapat menyebabkan meningkatnya tekanan darah dari jantung yang bisa beresiko pecahnya pembuluh darah diotak.
3. Diabetes
Begadang ternyata dapat mengakibatkan terganggunya keseimbangan gula darah dalam tubuh. Dikarenakan pada saat tidur kadar gula darah dalam tubuh menurun karena dipakai oleh hati untuk proses detox pada tubuh.
Jadi pada saat kurang tidur fungsi hati menurun yang menyebabkan kadar gula dalam tubuh meningkat. Dari beberapa penelitian orang yang tidurnya kurang dari 5 jam saat malam akan beresiko tinggi terkena diabetes.
4. Jantung
Kurangnya tidur pada malam hari memicu gangguan pada jantung yang dikarenakan terjadinya peradangan arteri yang berakibat penumpukan plak yang dapat menyumbat pembuluh darah dijantung.
5. Kanker
Pada dasarnya kanker belum bisa ditentukan penyebabnya secara spesifik seperti penyakit yang lainnya dan penyebabnya beraneka ragam dan salah satunya begadang.
Ketika keseringan begadang dapat menghambat produksi hormon melatonin yang mempunyai fungsi melawan sel kanker didalam tubuh.

1 comment: