Search This Blog

Sunday 28 May 2017

8 Cara Mencegah Masalah Bau Mulut Yang Menyebalkan Pada Saat Puasa

Ketika berpuasa bau mulut merupakan sesuatu masalah yang harus disiasati. bau mulut pada saat bulan puasa dipicu karena kita tidak makan seharian, tanpa konsumsi makan dan minum secara teratur pada siang hari akan menyebabkan prosuksi air liur dimulut berkurang.
"Saliva merupakan pelembab mulut sekaligus pelawan bakteri. Kalau produksinya sedikit, lidah dan mulut akan menjadi tempat perkembangbiakan bakteri," kata Dr.Rana Al Thib dari Dubai Healthcare City seperti dikutip dari Gulf News.
Ternyata ketika berpuasa kita bisa mensiasati agar bau mulut dapat berkurang.
  1. Pastikan kebersihan mulut dan gigi tetap terjaga, selain dengan cara menyikat gigi tambahkan berkumur dengan obat kumur atau menggunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan.
  2. Cegah mulut kering selama berpuasa dengan mengonsumsi cukup cairan saat sahur, berbuka, dan sebelum tidur. Konsumsi cairan 2 liter setiap hari juga harus dipenuhi selama bulan Ramadhan.
  3. Berkumur dengan air, selama tidak tertelan, juga bisa membantu mengurangi jumlah bakteri di mulut. Berkumur ini dilakukan saat melakukan wudhu. 
  4. Hindari makanan yang berbau kurang sedap seperti jengkol, petai.
  5. Kurangi merokok atau tidak samasekali merokok saat sahur dan berbuka. Tidak merokok juga berkonstribusi besar pada pengurangan bau mulut pada siang hari bulan puasa.
  6. Tidak mengkonsumsi makanan yang lengket seperti cokelat,es krim,biskuit,dan kue basah lainnya. Makanan lengket ini akan lebih sulit untuk dibersihkan, ditambah akan menempel pada gigi dalam waktu lama sehingga menyebabkan bau mulut.
  7. Meminum teh hijau tanpa gula saat sahur dan berbuka akan mencegah bau mulut. teh hijau memiliki zat polyphenol yang berguna untuk membersihkan bakteri pada mulut dan saluran pernafasan, meminum teh hijau juga baik untuk perokok karena akan mengurangi peradangan pada rongga dan gangguan pernapasan
  8. Berolahraga ringan secara teratur menjelang atau sesudah berbuka puasa juga bermanfaat. Olahraga dapat melepaskan zat-zat beracun dalam tubuh termasuk penyebab bau pada mulut. Hindari tidur yang terlalu lama karena hal ini akan memicu bau mulut yang tidak sedap.

     

No comments:

Post a Comment