Search This Blog

Wednesday 10 May 2017

hebat inilah 6 kehebatan kecoa yang jarang diketahui

Kecoa serangga yang dianggap menjijikan yang bersarang ditempat yang kotor, bahkan paling sering diburu untuk dibunuh. Menurut Dr. Jim Fredicks, seorang Ahli Serangga dan Spesialis Kesehatan Lingkungan di Virginia, Amerika Serikat, seekor kecoa adalah hewan yang paling mudah beradaptasi di berbagai lingkungan dan kondisi. Risiko kesehatan yang dibawa oleh kecoa juga banyak sekali.
Kecoa merupakan hewan yang mempunyai kekuatan super ibarat supermannya bangsa serangga yang banyak belum diketahui.
Berikut beberapa kehebatan dari seekor kecoa :

1. Kecoa merupakan hewan tertua yang berasal zaman prasejarah yang diperkirakan hidup antara 280-350 juta tahun yang lalu, Hingga sekarang kecoa masih banyak ditemukan dimanapun dibelahan bumi ini.
Menurut seorang peneliti Prof Christopher Comer, ahli saraf dari Universitas Illinois di Chicago AS mengatakan jika kecoak lebih dulu hidup dibandingkan dengan dinosaurus yang sampai saat ini keberadaan sudah punah.

2. Kecoa memiliki radar pendeteksi rasa takut.
Kecoa Satu-satunya hewan yang mempunyai pendeteksi rasa takut yang terdapat didalam tubuhnya yang bisa merasakan rasa takut orang yang berada disekelilingnya. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Case Western di Cleveland menemukan keberadaan saraf dan sistem motorik dari kecoak.

3.  Kecoa diketahui sebagai satu-satunya hewan gak berukuran mikro yang mampu bertahan bahkan dari bom nuklir.
Kecoa merupakan salah satu hewan purba yang mampu bertahan terhadap bom nuklir, Penelitian terakhir dari Iowa University, AS, menemukan bahwa kecoa tahan terhadap radiasi hingga 105.000rems ( manusia hanya tahan bila tekena radiasi kurang dari 800 rems ).
Ternyata kecoa dapat hidup pada intensitas radiasi 10x yang dibutuhkan untuk membunuh manusia.

4. Kecoa mampu bertahan hidup tanpa kepala
Kehebatan kecoa yg lain yaitu kecoa masih mampu bertahan hidup walau kepalanya sudah tidak ada. Ini karena kecoak gak perlu otak sebagai alat pengendali gerak tubuhnya, kecoa juga gak butuh kepala buat bernapas, dan kehilangan kepala juga gak membuat dia kehabisan darah. kehilangan kepala hanya menyebabkan kecoa kehilangan arah (karena sungut dan matanya terletak di kepala) dan tidak bisa makan yang menyebabkannya mati kelaparan dalam waktu hingga 30 hari setelah kepalanya terlepas.

5. Kecoa bisa bertahan di suhu ekstrim, terutama dingin.
Dalam suhu beku atau 0 derajat celcius, kecoa mampu tetap memiliki metabolisme tubuh yang normal. Dan tetap mampu bertahan hidup walaupun suhu ekstrim.

6. Kecoa bisa menahan napas selama 40 menit.
Lebih mengerikannya lagi, kecoa juga dapat bertahan selama 30 menit jika tenggelam di bawah air, yang artinya mereka pun bisa menyelam cukup lama. Mereka sering menahan nafas untuk membantu mereka mengatur keseimbangan kadar air dalam tubuh.
Sumber referensi
https://m.kaskus.co.id/thread/11-fakta-unik-tentang-kecoa-yang-bikin-kamu-merinding.
http://unik-usil.blogspot.com/2010/10/6-sisi-lain-kecoa-yang-mengejutkan.html.
http://palingseru.com/65859/5-kehebatan-kecoa-yang-tidak-pernah-kamu-ketahui

No comments:

Post a Comment