Search This Blog

Thursday 20 July 2017

4 Fakta Ilmiah Yang Dipercaya Ternyata Merupakan Fakta Yang Salah

Banyak sekali fakta-fakta ilmiah yang sudah beredar dimasyarakat yang terlanjur sudah dipercaya sebagian besar orang ternyata itu merupakan mitos belaka yang belum jelas kebenarannya. Sudah banyak fakta ilmiah yang kamu ketahui bisa jadi terbantahkan oleh penelitian terbaru.
Alangkah baiknya untuk senantiasa membaca dan berpikir memakai logika sebelum mempercayai apa saja fakta yang salah yang beredar dimasyarakat.
Fakta-fakta yang sudah sering kamu dengar ternyata kebanyakan tidak benar alias salah.

1. Manusia hanya menggunakan 10% dari kapasitas otaknya.
Entah dari mana asal mulanya fakta ini berasal, kebanyakan orang justru mempercayai fakta ini. Kenyataannya bahwa tidak ada manusia yang hanya menggunakan 10% dari kemampuan otaknya.
berdasarkan Higbee dan Clay dalam Jurnal Psikologi, 1998. Penggunaan kapasitas otak ini juga bergantung pada kegiatan yang kita lakukan setiap harinya.

2. Golongan darah mempengaruhi kesehatanmu.
Satu lagi fakta yang banyak dipercaya dimasyarakat, yang mengatakan bahwa golongan darahmu menentukan tingkat kesehatanmu. Orang yang memiliki golongan darah O katanya jarang sakit dibandingkan golongan darah lain, atau malah sebaliknya darah A, B dan AB lebih kuat dari yang lainnya.
Pada dasarnya faktor yang bisa menentukan tingkat kesehatanmu adalah pola hidup sehat yang kamu jalani.

3. Setiap Orang yang lahir sungsang mempunyai keahlian memijat.
Sudah menjadi kepercayaan sendiri bahwa bayi lahir sungsang mempunyai keahlian ini. Pada dasarnya bayi yang lahir sungsang dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti posisi plasenta, bentuk rahim, riwayat kehamilan, usia ibu hamil dan masih banyak lagi faktor yang lainnya.
Jadi tidak ada hubunganya antara bayi sungsang sama keahliannya dalam urusan pijat memijat, orang yang bekerja dipanti pijat dan sebagainya apakah lahir dengan kondisi sungsang.
Mereka yang berkerja sebagai ahli pijat, bisa ahli dikarenakan proses belajar. Tapi memang ada beberapa orang yang hebat dalam urusan ini lahir dengan sungsang.

4. Banyak ibu-ibu mengikuti program hamil agar jenis kelamin anaknya sesuai dengan yang diharapkan.
Nah satu lagi fakta yang terlihat ganjil. Yang menentukan apakah jenis kelamin pada anak anda bukalah dari wanita, melainkan laki-laki yang mempunyai peranan ini.
Karena pada laki-laki terdapat kromoson XY sedangkan wanita XX, setiap satu sperma hanya mempunyai satu kromosom X atau Y. Ketika kromosom X bertemu dengan kromosom dari indung telur XX maka jenis kelamin anak adalah wanita, apabila kromosom Y bertemu kromosom XX maka anak yang lahir adalah laki-laki.
Jadi yang semestinya ikut program adalah laki-laki.

No comments:

Post a Comment