Search This Blog

Thursday 13 July 2017

Efek Buruk Yang Akan Timbul Akibat Dari Stres Berkepanjangan

Stres merupakan persoalan yang paling sering diderita oleh kebanyakan orang, nyatanya bagi sebagian orang kondisi stres dapat membahayakan kesehatan. Stres tak hanya melibatkan perasaan yang tidak menyenangkan namun juga akan berimbas pada pikiran dan tubuh.
Kita semua mesti harus bisa mengendalikan stres dan mengatasinya dikarenakan akan berakibat buruk pada kesehatan. Berikut beberapa akibat buruk yang akan ditimbulkan dari stres seperti dikutip dari New Max Health.

1.  Kanker dan gangguan imun

Sistem imun didalam tubuh dirancang untuk melindungi diri dari bahaya langsung. Stres kronis yang dialami seseorang dapat merusak sistem imun dan akan menghambat kerja imun. Dampaknya resiko kanker dan masalah kesehatan lain akan timbul.
2. Penyakit jantung

Masyarakat kebanyakan lupa bahwa stres merupakan faktor resiko utama terjadinya penyakit jantung, ungkap Chaunchey Crandall salah satu ahli jantung
Dimana penyakit jantung merupakan salah satu penyakit berbahaya yang sudah banyak memakan korban jiwa diseluruh dunia.

3. Masalah berat badan

Ketika seseorang mengalami stres justru membuat nafsu makan menjadi semakin berlebihan, biasanya makan yang berlebihan ini pun biasanya makanan yang tinggi kalori. padahal kelebihan berat badan dan obesitas dapat meningkatkan resiko terjadinya diabetes, serangan jantung, kanker dan depresi.
4. Depresi dan kecemasan

Stres memiliki dampak langsung dan nyata kepada kesehatan mental seseorang. Stres kronis dapat menyebabkan terjadinya depresi atau bahkan justru akan memperburuk depresi yang pernah diderita sebelumnya.
5. Rambut rontok

Kebanyakan kerontokan rambut dipicu karena stres yang berkepanjangan. Ketika mengalami stres, efek yang diberikan langsung terhadap rambut antara lain alopecia areata (sel darah putih menyerang folikel rambut), telogen effluvium (rambut berhenti tumbuh), trikotilomania (kerontokan ekstrem akibat stres, cemas, tegang, kesepian, atau frustasi).
6. Sindrom metabolik

Orang yang mengalami stres kronis mempunyai resiko lebih besar untuk terkena sindrom metabolik, yang merupakan kombinasi dari diabetes, tekanan darah tinggi, kadar gula darah tinggi, obesitas, kadar kolesterol abnormal. Jika semuanya terjadi bersamaan maka akan meningkatkan resiko penyakit jantung.

No comments:

Post a Comment