Search This Blog

Monday 17 July 2017

5 Cara Efektif Agar Terhindar Dari Penyakit Yang Disebabkan Oleh Kuman


Kuman merupakan salah satu penyebab terjadinya sebuah penyakit, yang pada dasarnya kita mudah terkena kuman dan bakteri dengan berbagai cara. Kuman terdapat dibanyak tempat seperti diuang, gagang pintu, dikantor, terlebih lagi ketika anda membesuk kerabat yang lagi sakit baik dirumah sakit atau pun ketika berada dirumah.
Ada beberapa cara efektif agar anda bisa terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh kuman tersebut.
1. Segera mandi setelah berada dekat dengan orang sakit
Orang sakit atau pun rumah sakit merupakan tempat yang banyak mengandung kuman yang dapat membuat kita tertular suatu penyakit. Gunakan sabun antibakteri agar lebih bersih dan efektif, namun hal itu tidak perlu dilakukan ketika kita dekat dengan orang yang mengidap kanker atau migran.

2. Hindari menggunakan alat makan bekas orang lain
Jangan pernah menggunakan alat makan orang yang mempunyai penyakit menular seperti paru-paru, hepatitis dikarenakan akan membuat resiko terkena penyakit tersebut lebih besar. selalu gunakan peralatan makan miliki sendiri

3. Selalu sediakan tisu basah
Cucilah tangan menggunakan air ataupun tisu basah setelah memegang sesuatu yang sekiranya kotor, lebih bagus lagi selalu sediakan deskoderen untuk membersihkan tangan. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kontaminasi kuman.

4. Hati-hati ketika menggunakan toilet umum
Toilet umum merupakan tempat berbagai kuman dan virus, terutama bagi wanita yang menggunakan toilet duduk. Untuk menghindari hal tersebut, gunakan tisu untuk membuka gagang pintu dan membuka keran, gunakan kertas toilet sebagai alas di kloset duduk atau semprotkan toilet sanitizer. 

5. Cuci tangan sesering mungkin
Untuk menghindari diri dari penyebaran kuman, terutama tangan sangat mudah terkena kuman setelah melakukan aktifitas. Selalu cucilah tangan, apabila tidak ada air gunakan hand sanitizer yang menggandung alkohol.

Sumber : health.liputan6.com

No comments:

Post a Comment