Search This Blog

Wednesday 12 July 2017

8 Bumbu Dapur Yang Bisa Dimanfaatkan Sebagai Obat Alami

Bagi ibu-ibu yang keseharianya sering berada didapur pasti kenal dengan segala macam bumbu dan rempah-rempah yang ada didapur. Biasanya bumbu-bumbu itu digunakan untuk membuat makanan agar lebih nikmat dan lezat.
Namun tahukan kamu bahwa bumbu-bumbu yang ada didapur ternyata sangat berguna untuk sebagai obat alami.

1. Jahe
Merupakan salah satu bumbu masakan yang terkenal dengan rasanya yang pedas. Meminum air hangat dicampur dengan jahe bisa membuat badan terasa hangat dan segar. Khasiat yang terdapat didalam jahe bisa membantu menghilangkan batuk, pilek, mual dan nyeri saat haid. Jahe juga bisa meredakan sakit pada tenggorokan dan dapat juga menghentikan diare.

2. Bawang putih
Bumbu dapur satu ini bisa menjadi obat untuk penderita diabetes karena bisa sebagai insulin darah. Bawang putih juga mampu menurunkan kadar kolesterol karena memiliki senyawa allicin, selain itu bawang putih pun bisa berguna sebagai kekebalan tubuh.

3. Bawang merah
Bumbu dapur yang juga bisa sebagai obat untuk mengatasi batuk dan pilek. Banyak zat-zat bermanfaat dalam bawang merah membuat bumbu dapur ini sangat fungsional kegunaannya. Bawang merah juga bisa sebagi obat demam dan perut kembung.

4. Cabe
 
Bagi mereka yang pensuka makana pedas pasti kenal dengan bumbu dapur satu ini. Rasa pedas yang dihasilkan dari cabe berasal dari kandungan capsaicin, selain membuat makanan menjadi pedas. Cabe juga berfungsi sebagai penurun demam, pilek dan hidung tersumbat. Selain itu cabe juga dapat dijadikan sebagai obat untuk meningkatkan nafsu makan.

5. Kayu manis
Bumbu dapur yang satu ini sangat ampuh dalam mengobati penyakit diabetes, dalam sebuah penelitian dikatakan bahwa kayu manis akan membantu sel agar bisa merespon insulin. Dalam penyajiannya kayu manis dapat dicampurkan dengan air minum ataupun dimakan secara langsung.

6. Kencur
Biasanya kencur digunakan sebagai bahan membuat sayuran atau menjadi bumbu urap. Kencur dapat juga digunakan meredakan batuk, caranya minumlah air perasaan beras kencur yang sudah diparut jangan lupa menambahkan sedikit garam. Selain itu kencur juga dapat digunakan sebagai penghilang penyakit ringan lainnya sakit kepala, diare dan masuk angin.

7. Cengkeh
Cengkeh memiliki aroma yang khas, bumbu ini juga biasanya digunakan sebagai bumbu untuk makanan-makanan tertentu. Namun bumbu dapur ini bisa menjadi obat bagi para penderita nyeri athritis, nyeri yang disebabkan oleh hawa dingin. Caranya konsumsilah bubuk cengkeh sebanyak setengah sendok sehari.

8. Lada hitam
Lada hitam memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh antara lain vitamin C, vitamin K, kalium, mangan dan besi. Selain digunakan sebagai bumbu dapur yang melezatkan lada hitam juga berfungsi sebagai anti bakteri dan anti radang. Dan bisa juga digunakan sebagai pengobatan bagi masalah pada pencernaan.

No comments:

Post a Comment