Search This Blog

Saturday 22 July 2017

6 Jenis Buah Dan Sayur Yang Mengandung Racun Berbahaya Bagi Tubuh

Buah dan sayur merupakan makanan segar yang mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Kalian semua pasti suka mengkonsumsi buah dan sayur, Tapi Siapa sangka ternyata buah dan sayur yang sering kalian konsumsi selama ini mengandung racun bagi tubuh.
Ada beberapa buah dan sayur yang memiliki kandungan racun yang bisa menjadi berbahaya bagi kesehatan kalian.

1. Apel
Apel merupakan buah yang paling banyak digemari oleh setiap orang, siapa yang tidak suka dengan apel, selain rasanya yang manis dan menyegarkan, buah apel mempunyai banyak manfaat yang menyehatkan tubuh.
Mungkin sebagian dari masyarakat kita sudah mengetahui bahwa apel mempunyai kandungan racun yang bisa berbahaya bagi tubuh. Tapi kalian tidak perlu khawatir karena racun sianida hanya terdapat pada bijinya saja, sedangkan pada bagian daging buahnya tidak mengandung racun sama sekali.
Ketika kalian mengkonsumsi apel sebaiknya dibuang bagian daerah dekat bijinya, sehingga kalian akan aman dari racun tersebut.

2. Tomat mentah yang masih hijau (belum matang)
Tomat merupakan bahan masakan yang paling penting yang paling sering digunakan ketika memasak. Tomat juga sering kali dibuat jus yang bermanfaat bagi tubuh.
Ternyata didalam tomat mentah mengandung racun atropin atau solanin yang biasanya disebut gikoalkoloid. Biasanya bila keracunan gikoalkoloid penderita akan mengalami keletihan, pendarahan pada sistem cerna, menggigil, sakit kepala atau migran, kelumpuhan, dan yang paling parah adalah kematian. Racun ini bisa anda atasi dengan cara tomat dimasak benar-benar matang.

3. Ceri
Buah kecil berwarna merah yang sering kali dijadiin hiasan untuk makanan maupun minuman ini ternyata mengandung racun. Sama seperti apel bagian yang beracun juga terdapat pada bijinya.
Zat hidrogen sianida pada cheri dapat menyebabkan Anda pusing berat, muntah – mutah, dan sakit perut. Bahkan bila keracunan zat hidrogen sianida dalam jumlah banyak dapat mengakibatkan penyakit ginjal. Sebaiknya bila Anda memakan buah ceri, maka buang dahulu bijinya.

4. Nangka
Buah yang mempunyai aroma yang khas dan memiliki rasa manis ini merupakan buah yang juga mempunyai banyak penggemar dikalangan masyarakat. Tapi tahukan kalian bahwa buah nangka juga mempunyai racun yang bernam toksin. Toksin akan sangat berbahaya bagi mereka yang mempunyai masalah pada lambungnya. Getah dari buah nangka juga dapat mengganggu sistem pencernaan kalian.

5. Kentang
Kentang bisa beracun apabila dikonsumsi ketika kentang sudah bertunas atau berwarna hijau. Jenis racun yang terdapat didalam kentang yaitu racun solanine. Racun ini akan sangat besar kandungannya ketika kentang berwarna hijau ketika tunasnya sudah mulai tumbuh.
Gejala yang dihasilkan oleh racun dari kentang ini berupa Gejala keracunan termasuk muntah, sakit perut, halusinasi dan bahkan kelumpuhan.

6. Kacang merah
Banyak dari spesies kacang mengandung racun phytohemagglutinin. Dari semua jenis kacang, kacang merahlah yang mempunyai kandungan racun yang paling tinggi dibandingkan dengan jenis kacang yang lainnya.
Pemulihan akibat racun ini bisa lebih cepat setalh tiga tau empat jam gejala keracunan muncul.
Racun ini selama tiga jam bisa mengakibatkan mual, diare dan muntah, sakit perut.

No comments:

Post a Comment