Search This Blog

Wednesday 12 July 2017

7 Jenis Fobia Yang Aneh dan Langka Yang Ada Didunia

Fobia merupakan rasa takut yang berlebihan yang muncul didalam diri seseorang akan suatu hal. Oleh karena disebabkan rasa fobianya akan sesuatu seringkali menjadi penganggu bagi sipenderita dalam kehidupan sehari-hari.
Mungkin kalian sudah pernah mengenal atau sudah tahu beberapa jenis dari fobia yang masih terbilang wajar seperti clautrophobia atau takut akan ruang tertutup. Namun ada beberapa jenis fobia unik dan langka yang susah dijelaskan secara rasional seperti berikut ini:

1. Ornithophobia

Orang yang menderita fobia ini adalah orang yang akan ketakutan ketika melihat burung. Lebih parahnya mereka akan menjadi stress dan ketakutan ketika ada burung terbang diatasnya. Jenis penderita fobia ini akan takut dengan semua jenis burung baik burung yang dipelihara maupun burung liar.

2. Graphophobia

Salah satu jenis fobia dimana seseorang yang menderita fobia ini takut akan tulisan tangan. Fobia ini bisa terjadi dikarenakan ketakutan yang berlebihan yang terjadi pada masa kecil dimana orang tersebut takut menulis dipapan tulis dan berpikir orang akan tertawa ketika melihat tulisan tangannya.

3. Dendrophobia

Jenis fobia dimana seseorang yang mengalami fobia ini akan takut dengan pohon, hutan, ataupun kayu. Yang biasanya fobia ini disebut dengan hylophobia, xylophobia, ylophobia. Fobia ini bisa muncul dikarenakan seorang penderitanya pernah diserang didalam hutan, cedera karena sesuatu yang terbuat dari kayu, atau bisa juga karena ketakutan yang berlebihan bahwa pohon besar akan menimpa mereka.

4. Elurophobia

Fobia jenis ini adalah rasa takut yang tidak masuk akal dikarenakan takut terhadap kucing. Seseorang yang mengalami fobia ini akan sering merasa ancaman dari kucing yang muncul disekitar mereka. Biasanya hal ini disebabkan dulunya pernah mengalami trauma dimasa lalu yang berkaitan dengan kucing.

5. Phallophobia

Fobia jenis ini merupakan fobia yang sangat unik dimana mereka yang mempunyai fobia ini akan sangat takut ketika melihat penis terutama saat penis lagi ereksi. Hal ini muncul dikarenakan adanya pikiran yang merasa bahwa penis tersebut akan menyakiti mereka, fobia ini dapat diobati dengan terapi.

6. Ablutophobia

Satu lagi jenis fobia yang unik dimana orang yang menderita fobia jenis ini akan takut untuk mandi atau membersihkan diri. Fobia ini muncul dikarenakan saat orang dibayang-bayangi adegan menyeramkan atau buruk yang terjadi dikamar mandi seperti difilm-film yang dia tonton.

7. Amathophobia

Jenis fobia yang merasakan takut yang berlebihan terhadap debu atau kuman. Fobia ini berkaitan dengan OCD (Obsessive Complusive Dissorder) atau gangguan yang menjadikan orang terobsesi terhadap sesuatu yang bersih dan rapi.

No comments:

Post a Comment