Search This Blog

Thursday 13 July 2017

5 Cara Alami dan Ampuh Untuk Mengatasi Ngorok Atau Mendengkur

Memiliki teman, keluarga atau pun pasangan yang ngorok hampir tiap malam memang sangat menganggu, sebagai pasangan teman atau pun keluarga, tidak ada salahnya membantu untuk menghilangkan bunyi ngoroknya.
Mendengkur atau ngorok terjadi karena adanya getaran pada struktur pernapasan sehingga bisa menghasilkan suara, baik lembut maupun keras. Suara yang dihasilkan pun bisa sangat mengganggu indera pendengaran.
Bila ingin menghilangkan ngorok sebaiknya lakukan cara alami berikut ini

1. Ubah posisi tidur
Posisi tidur akan sangat berpengaruh menentukan apakah anda ngorok atau tidak. Menurut sebuah penelitian tidur telentang akan menyebabkan anda mendengkur/ngorok. Hal ini dikarenakan tidur dengan bertumpu pada punggung akan menyebabkan pangkal lidah dan langit-langit lunak pada mulut akan menutupi dinding tenggorokan sehingga dapat menyebabkan terjadinya getaran suara saat tidur. Cobalah ubah posisi tidur dengan cara menyamping, untuk mengantisipasinya.

2. Berat badan ideal
Seseorang yang memiliki berat badan lebih besar atau gemuk akan menimbulkan kehadiran lemak disaluran pernapasannya. Saat tidur hal ini yang akan menimbulkan bunyi dengkuran. Oleh karena itu pastikan berat badan anda ideal, jika memang berat badan anda berlebih maka lakukanlah olahraga dan diet seimbang.

3. Tidur yang cukup
Biasanya orang yang memiliki jadwal tidur yang buruk bisa memicu untuk terjadinya dengkuran. Ketika anda sudah mencapai titik kelelahan yang sangat parah, kondisi otot-otot akan berubah menjadi tegang sehingga membuat anda mendengkur.

4. Banyak minum air putih
Ketika anda mengalami dehidrasi maka proses pelepasan lendir dihidung dan langit-langit lunak akan menjadi lengket. Hal ini yang menyebabkan anda menjadi ngorok/mendengkur, oleh karena itu perbanyaklah mengkonsumsi air putih. Bagi wanita sebaiknya minum 11 air sehari sementara pria sebanyak 16 gelas sehari.
5. Cuci hidung dengan air garam
Dengkuran yang disebabkan oleh hidung tersumbat bisa ditangani dengan cara membuka saluran rongga hidung agar tetap terbuka sehingga bisa melancarkan peredaran udara.
Untuk mengatasinya anda bisa melakukannya dengan cara mencuci hidung dengan larutan air garam, layaknya menangani sinusitis secara alami dirumah. atau cara lebih gampangnya mandi air hangat sebelum tidur.

No comments:

Post a Comment