Search This Blog

Sunday 16 July 2017

6 Jenis Mainan Yang Berbahaya Bagi Anak-anak

Pada dasarnya anak-anak sangat suka dengan segala jenis mainan dan bagi mereka mainan merupakan benda penting. Dimana mainan merupakan salah satu cara anak untuk melatih perkembangan motorik mereka. Makanya kebanyakan orang tua lazimnya memberikan anak mereka mainan untuk memenuhi hasrat si anak.
Dan sayangnya tidak semua mainan aman buat anak, terutama yang masih usia dini. Bahkan ada beberapa mainan yang bisa mencelakan anak jika dimainkan tanpa pengawasan orang tua dilansir dari laman Brightside.

1. Baling-baling
Pada dasarnya helikopter dan berbagai jenis mainan yang menggunakan baling-baling hanya diperuntukkan bagi anak usia 10 tahun keatas. Namun tidak sedikit orang tua yang membelikan mainan itu untuk anak yang berusia dibawah 10 tahun. Sebaiknya hindari membeli mainan ini untuk anak-anak.

2. Mainan perlengkapan dokter
Anak-anak biasanya senang dengan permainan ini karena interaktif dengan teman atau binatang peliharaan. Namun hati-hati terhadap mainan ini karena ada benda-benda kecil yang bisa masuk kerongga hidung maupun tenggorokan. Belum lagi anak bisa terobsesi dengan jarum suntik yang berbahaya.

3. Mainan dengan baterai bulat
Hal yang haru dihindari dari ini karena anak sangat terobsesi dengan benda-benda kecil dan bulat apalago bentuknya yang serupa permen. Sehingga akan beresiko tertelan bagi anak yang belum bisa membedakannya.

4. Segala jenis pistol
Sudah banyak kasus yang terjadi menimpa anak-anak akibat dari pistol-pistolan. Dikarenakan anak sering kali menembakkannya kehadapan teman-temannya, apapun jenis dari amunisinya baik itu dari plastik, karet maupun air pastikan anak bermain dibawah pengawasan sehingga terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

5. Mainan dengan magnet
Mainan ini hanya direkomendasikan bagi anak usia remaja yang berumur 14 tahun keatas. Mainan yang mengandung magnet berbahaya bagi anak, dikarenakan anak kecil cendrung sering memasukkan sesuatu kedalam mulut.

6. Fidget spinner
Mainan yang lagi ngetren dan digandrungi semua usia belakangan ini. Cara memainkanya yang simple serta sederhana namun bisa membuat ketagihan, hingga terdapat beragam jenis dan model menarik yang ditawarkan membuat mainan ini sangat banyak pengemarnya tanpa terkecuali anak-anak. Namun, tetap perhatikan si anak kala bermain mainan yang satu ini karenasegala macam risiko seperti tergores hingga tertelan mungkin saja terjadi.

No comments:

Post a Comment