Search This Blog

Sunday 23 July 2017

Bahaya Yang Ditimbulkan Dari Makanan Yang Sering Konsumsi Sehari-hari

Makanan merupakan kebutuhan penting didalam kehidupan manusia. Agar tetap sehat makanan harus mempunyai kandungan gizi yang seimbang bagi tubuh dan juga harus aman dari mikroorganisme dan bahan kimia yang dapat menimbulkan penyakit.
Tapi ternyata makanan yang sering anda konsumsi sehari-hari bisa menyebabkan resiko terjadinya beberapa gangguan kesehatan.

1. Santan

Semua dari anda pasti sudah kenal dengan yang namanya santan, santan berasal dari perasan sari kelapa yang sudah diparut dan berwarna putih. 
Banyak produk makanan yang memakai santan baik itu kue maupun masakan. Kalo mengkonsumsi santan sebenarnya tidak memberikan dampak pada tubuh, yang jadi masalah ketika santan sudah dipanaskan maka akan membentuk lemak trans dan asam lemak jenuh yang berbahaya bagi tubuh. Yang akan menyebabkan terjadinya penyakit kolesterol, gangguan pencernaan, kram otot, stroke.

2. Mie instan

Di Indonesia sendiri makanan ini hadir dengan berbagai merk juga rasa dan membuat penggemar makanan ini tidak sedikit. Sebenarnya sudah banyak yang paham bahwa mengkonsumsi mie instan tidak baik bagi kesehatan. Namun dikarenaka mempunyai efek mengenyangkan, praktis dan harganya yang terjangkau menjadi alasan kenapa mie selalu dikonsumsi. Mengkonsumsi mie instan boleh asal jangan terlalu sering. 
Bahaya yang bisa ditimbulkan dari mengkonsumsi mie seperti kerusakan hati, gagal ginjal, diabetes, memicu resiko darah tinggi.

3. Makanan cepat saji

Bagi orang yang super sibuk, makanan cepat saji mungkin bisa menyelesaikan masalah mengenai ‘waktu adalah uang’ bagi orang – orang super sibuk ini. Tetapi satu hal yang harus menjadi pertimbangan adalah, makanan cepat saji ini disinyalir menjadi faktor penyebab berbagai penyakit pada tubuh kita.
Makanan cepat saji merupakan penyebab utama terjadinya obesitas, menyebabkan terjadinya kerusakan hati, penyebab penyakit kardiovaskuler atau jantung, penyebab utama diabets tipe II.

4. Makanan ringan atau snack

Makanan ringan atau snack kebanyakan mengandung jumlah kalori yang berlebihan. Selain itu snack ini juga mengandung banyak zat aditif pada makananseperti pengawet, pewarna buatan, pemanis buatan, karbohidrat, minyak trans, garam maupun sodium. 
Dampaka buruk yang bisa diberikan bagi kesehatan adalah diabetes tipe II, obesitas, meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, gangguan pernapasan, stroke, jantung dan lain sebagainya.

No comments:

Post a Comment