Search This Blog

Saturday 29 July 2017

Begadang Dapat Memicu Terjadinya Kerusakan Pada Hati

Hati merupakan organ vital bagi manusia. Dimana fungsinya sebagai menawar dan menetralisir racun yang ada didalam tubuh, mengatur sirkulasi hormon, gula, protein dan zat lainnya.
Nutrisi yang diserap oleh usus kita diproses melalui hati untuk membantu memecah pembekuan darah. Salah satu penyakit yang menyerang fungsi hati adalah hepatitis B. Sebenarnya hepatitis mempunyai berbagai jenis antara lain hepatitis A, B, dan C.
Hepatitis merupakan penyakit yang paling mudah menyebar antara satu orang ke orang lain. Oleh karena itu penting untuk anda menjaga atau mencegah penyakit gagal hati.

1. Konsumsi makanan yang kaya akan serat
Mempunyai berat badan ideal merupakan salah satu cara terbaik agar tetap sehat. Kelebihan berat badan atau obesitas bisa menimbulkan menumpuknya lemak pada hati yang berakibat terjadinya penyakit sirosis hingga hepatitis yang berbahaya.

2. Lakukan vaksin A dan B
Vaksin merupakan langkah efektif dalam mencegah terjadinya penyakit hepatitis A dan B. Vaksin biasanya dilakukan 1 bulan sekali selama 3 bulan berturut-turut.
Namun sampai saat ini vaksin untuk hepatitis C belum ada sampai sekarang jadi belum ada vaksin yang bisa mencegah penyakit hepatitis C.

3. Biasakan untuk mencuci tangan setelah melakukan aktifitas
Untuk mencegah terjadinya penularan hepatitis anjurkan keluarga untuk membiasakan cuci tangan untuk setelah melakukan aktifitas.
Jadikan kebiasaan dalam keluarga untuk selalu melakukan cuci tangan sebelum dan sesudah makan, setelah dari kamar mandi dan sebelum dan sesudah mengolah bahan makanan.

4. Jangan konsumsi alkohol
Bagi mereka yang rutin mengkonsumsi alkohol secara langsung akan meningkatkan resiko terjadinya kerusakan pada hati. Akibatnya anda bisa mengalami gagal hati, jadi hindari mengkonsumsi alkohol agar terhidar dari penyakit hepatitis B.

5. Hindari kontak langsung dengan orang yang terinfeksi hepatitis B
Hepatitis sangat mudah ditularkan ke orang lain. Anda yang terinfeksi harus menjaga jarak dengan orang lain. Sebisa mungkin Anda juga harus mencegah. Salah satunya yakni jangan kontak seksual dengan sembarang orang, penularan virus dari ibu ke bayi, menggunakan jarum suntik dan lainnya

6. Hindari mengkonsumsi obat-obatan
Sebagian besar obat pengencer darah atau suplemen yang dapat memicu terjadinya gangguan fungai hati.
Begitu juga dengan parasetamol dengan dosis berlebihan. Selain memicu hepatitis, anda juga akan mengalami gangguan kesehatan lainnya.

7. Kurangi begadang
Hati beserta organ tubuh lainnya memerlukan istirahat, pada fase istirahat inilah hati melepaskan racun yang keluar melalui keringat. Jadi pada saat begadang hati bekerja menjadi dua kali lipat yang akan menyebabkan terjadinya kerusakan pada hati.

No comments:

Post a Comment