Search This Blog

Monday 10 July 2017

9 Bahaya Yang Harus Anda Hindari Ketika Mengkonsumsi Protein Dalam Tinggi

Protein merupakan sumber nutrisi yang sangat penting bagi tubuh, karena protein dibutuhkan sebagai sumber tenaga serta sebagai penyerap vitamin dan mineral bagi tubuh. Sumber makanan yang banyak mengandung protein didapatkan dari daging, telur, ikan, semua produk susu, kacang-kacangan dan berbagai biji-bijian.
Jumlah protein yang dibutuhkan bagi tubuh dalam sehari berkisar 45-55 gram/harinya. Banyak orang melakukan diet dengan cara mengkonsumsi protein lebih banyak dari kebutuhan tubuh perharinya, ternyata konsumsi protein terlalu tinggi juga dapat mengakibatkan efek negatif bagi tubuh.

1. Berat Badan Meningkat

Hal yang paling mudah dilihat dari orang yang kelebihan dalam mengkonsumsi protein adalah meningkatnya berat badan, mendapatkan asupan protein dalam jumlah tinggi dapat menjadi baik dan juga sebaliknya. Asupan protein yang tinggi akan sangat berguna bagi mereka yang ingin membentuk otot dan meningkatkan berat badan.

2. Merusak Hati dan Otak

Akibat dari kelebihan protein bisa membuat kerusakan berbahaya pada organ otak, hati dan sistem saraf. hal ini disebabkan karena ketika anda mengkonsumsi protein maka tubuh akan menghasilkan racun yang akan diproses oleh hati, jadi ketika mengkonsumsi protein terlalu berlebihan akan menyebabkan penumpukan racun dalam hati.

3. Gangguan pada Ginjal

Fungsi utama dari ginjal adalah sebagai filter atau sebagai penyaring racun yang dihasilkan oleh makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Jika hanya mengkonsumsi satu jenis makanan saja maka secara tidak sadar anda memerintahkan ginjal untuk bekerja menjadi lebih keras dalam menyaring racun yang ada didalam tubuh. karena tubuh harusnya mengkonsumsi berbagai jenis makanan bukan hanya satu jenis makanan saja.

4. Meningkatkan Kolesterol

Protein yang berasal dari hewan juga besar kemungkinan untuk menjadi makanan yang mengandung kolesterol bagi tubuh. kolestrol sangat berbahaya bagi tubuh karena akan menyebabkan pengerasan/penebalan pada dinding arteri anda sehingga bisa menyebabkan terjadinya penyakit jantung dan stroke.

5. Dehidrasi

Salah satu produk yang dilepaskan oleh ginjal pada saat memproses racun adalah nitrogen urea darah. Tubuh akan secara otomatis memerlukan banyak cairan untuk membersihkan zat berbahaya tersebut, apabila asupan cairan kita kurang hal ini akan menyebabkan terjadinya dehidrasi.

6. Menurunnya jumlah Kalsium

Protein yang terlalu tinggi dalam tubuh akan menghasilkan asam yang tinggi yang akan berakibat berkurangnya kemampuan tulang dalam menyerap kalsium menjadi rendah. orang yang mengkonsumsi protein secara berlebihan akan mengakibatkan tulangnya menjadi lebih lemah.

7. Resiko Kanker

Apabila mengkonsumsi protein dari hewan terlalu tinggi akan meningkatkan tingginya resiko terkena kanker. penumpukan lemak secara berlebihan dalam tubuh akan memicu munculnya radikal bebas yang menyebakan pertumbuhan sel normal menjadi kanker.

8. Asam Urat

Banyak mengkonsumsi protein yang berasal dari hewani akan menyebabkan meningkatnya resiko asam urat menjadi lebih tinggi. hal ini disebabkan karena protein hewani memiliki kadar purin yang tinggi, yang menyebabkan kadar asam purin yang tinggi.

9. Mengurangi Ketosis

Orang yang kekurangan ketosis akan berakibat sangat fatal bagi tubuh. Tubuh akan menjadi lemah, otot berkembang tapi tidak berfungsi dengan baik. ini dikarenakan orang yang mengkonsumsi protein tinggi akan menghindari mangkonsumsi lemak dan karbohidrat yang berfungsi sebagai asupan sumber makanna bagi keton untuk diproduksi menjadi energi.

No comments:

Post a Comment